Sederhana itu Luar Biasa

“Kesederhanaan adalah kecanggihan tertinggi.”

Leonardo da Vinci

Merupakan kata-kata yang diungkapkan oleh Leonardo da Vinci (1452-1519), seorang genius asal Italia yang dikenal dunia sebagai pelukis, pematung, dan arsitek. Salah satu karya lukisan Leonardo yang masyur adalah berjudul “Mona Lisa”. Ia bahkan juga dikenal oleh dunia sebagai ahli anatomi dan astronomi.

Kalau kita membahas sebuah kesederhanaan, salah satu obyek yang sederhana namun penuh makna yakni seperti “BENTO”. Bento adalah makanan bekal khas jepang berupa nasi berikut lauk pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa kemana-kemana. Penyajian bento yang unik banyak membuat orang tertarik untuk mengeksplorasi kreativitasnya dalam menata lauk dalam kotak makan. Prinsip dasar bento adalah makanan yang seimbang, yaitu memberikan gizi yang cukup di dalam makanan. Bento merupakan contoh sebuah desain, bagaimana bekal makanan dapat disajikan dengan sederhana, elegan, dan menarik tentunya, bento bahkan berhasil mengobati kebencian seseorang terhadap makan tertentu. Seperti contoh anak-anak yang tidak suka makan sayuran menjadi tertarik dan lahap dalam menyantap bekal makanan yang diberikan.

Learn to prepare a modern bento box or traditional Japanese dishes with an  expert - Traveling Spoon
Gambar 1. Penyajian Bento

Sama seperti penyajian bento, yang sederhana, indah, dan seimbang. Desain sebuah slide presentasi tentu bisa diibaratkan dengan penyajian sebuah bento. Dalam mendesain slide presentasi bukan hanya tentang memasukkan kotak-kotak yang penuh dengan teks dalam beberapa warna-warna yang berbeda bahkan tidak ada ruang kosong, atau seperti dokumen yang dicetak di PowerPoint.

Sebuah slide presentasi haruslah memiliki kesamaan dengan semangat bento. konten yang disajikan dalam sebuah slide haruslah sesuai dan diatur dengan cara yang paling efisien dan anggun. Slide presentasi tidak boleh ada yang berlebihan, tetapi dirancang dengan indah dan bagus. Tentu kita perlu mengakhiri ketakutan slide presentasi yang buruk dan narasi penyampain tak bernyawa yang menyertai slide tersebut.

Banyak kalangan akademisi dan profesional sangat menderita melalui presentasi yang dirancang dengan buruk setiap harinya. Slide presentasi lebih sering merugikan daripada menguntungkan, baik bagi presenter maupun audiens, tidak menyenangkan bahkan tidak efektif. Kita perlu memulai mempersiapkan, mendesain, dan menyampaikan slide presentasi dengan cara yang berbeda, kita juga harus mencoba berkomunikasi dengan orang lain jauh lebih efektif.

Dalam tulisan-tulisan di situs ini selanjutnya, kita akan coba berbagi tentang keseimbangan yang baik antara prinsip, konsep, inspirasi, dan contoh praktis dalam mendesain slide presentasi kelas dunia dan bagaimana cara menyuguhkannya kepada para audiens.

Salam AB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s