6 Bakat Penting Presentasi di Era Sekarang

Gambar 1. Ilustrasi Bakat

Daniel Pink memberikan sebuah gambaran yang akurat dan jelas tentang ancaman dan peluang yang dihadapi para profesional saat ini. Pink mengklaim kita hidup di era yang berbeda, usia yang berbeda. Ini adalah zaman di mana mereka yang “berpikir berbeda” akan dihargai lebih dari sebelumnya. Menurut Pink, kita hidup di zaman yang “dijiwai oleh bentuk pemikiran yang berbeda dan pendekatan baru terhadap kehidupan yang menghargai bakat yang dia sebut sebagai ‘konsep tinggi’ dan ‘sentuhan tinggi.’ Konsep tinggi melibatkan kapasitas mendeteksi pola dan peluang, menciptakan keindahan artistik dan emosional, membuat narasi yang memuaskan….”.

Pink tidak mengatakan bahwa logika dan analisis, tidak penting di Era saat ini. Namun, semakin jelas bahwa logika saja bukanlah kondisi yang cukup untuk sukses bagi individu dan organisasi. Menurut Pink, 6 bakat ini diperlukan oleh para profesional yang ingin sukses di dunia. Keenam bakat tersebut adalah: desain, cerita, simfoni, empati, permainan, dan makna. Menguasai bakat-bakat ini tidaklah cukup, kata Pink; memanfaatkan bakat ini telah menjadi penting untuk kesuksesan profesional di dunia saat ini. Keenam bakat ini yakni:

Rancangan

Desain/Rancangan adalah sesuatu yang disebarkan pada permukaan, seperti lapisan toping/wiping cream pada kue. Itu bagus, tapi bukan misi penting. Ini bukan desain, melainkan dekorasi. Dekorasi, baik atau buruk, terlihat jelas. Terkadang menyenangkan dan terkadang menjengkelkan. Desain dimulai dari awal, bukan di akhir. Jika menggunakan peralatan slide dalam presentasi kita, desain visual harus dimulai pada tahap persiapan, bahkan sebelum kita menyalakan komputer/laptop.

Cerita

Fakta, informasi, dan juga data. Sebagian besar tersedia secara online atau dapat dikirimkan ke orang-orang melalui WA, Facebook, twitter dan media sosial lain. Kita semua terhubung untuk bercerita dan menerima cerita. Kita semua terlahir sebagai pendongeng (dan “pendengar cerita”). Saat anak-anak, kita sangat menantikan untuk diceritakan sebuah kisah, dan kita berkumpul dengan teman-teman kita pada waktu istirahat dan makan siang untuk menceritakan kisah-kisah tentang hal-hal nyata dan peristiwa nyata yang penting. Cerita dan mendongeng telah terpinggirkan dalam bisnis dan akademisi sebagai sesuatu yang tidak dilakukan oleh orang yang serius. Cerita dapat digunakan untuk kebaikan — untuk mengajar, berbagi, menerangi, dan, tentu saja, persuasi yang jujur

Simfoni

Kemampuan untuk mensintesis (memadukan sesuatu hingga menjadi kesatuan yang selaras) bagian-bagian yang tampaknya tidak terkait untuk membentuk dan mengartikulasikan gambaran besar sangat penting bahkan menjadi pembeda. Pink menyebut bakat ini “simfoni”. Presenter terbaik dapat menjelaskan hubungan yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya. Simfoni mengharuskan kita menjadi lebih baik dalam melihat sesuatu dengan cara baru. Simfoni adalah tentang menerapkan seluruh pikiran logika, analisis, sintesis, intuisi kita untuk memahami dunia kita (yaitu, topik kita), menemukan gambaran besarnya, dan menentukan apa yang penting dan apa yang tidak sebelum hari saat kita presentasi

Empati

Empati bersifat emosional. Ini tentang menempatkan diri kita pada posisi orang lain. Ini melibatkan pemahaman tentang pentingnya isyarat non-verbal orang lain dan menyadari diri kita sendiri. Desainer yang baik, misalnya, memiliki kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi pengguna, pelanggan, atau penonton. Ini mungkin bakat, lebih dari sekadar keterampilan yang bisa diajarkan tetapi semua orang bisa menjadi lebih baik dalam hal ini. Empati memungkinkan presenter, bahkan tanpa memikirkannya, untuk memperhatikan kapan audiens “mengerti” dan kapan mereka tidak. Presenter yang berempati dapat membuat penyesuaian berdasarkan presentasinya dari audiens tertentu.

Bermain

Di Era ini, kata Pink, bekerja bukan hanya tentang keseriusan, tapi juga tentang bermain. Meskipun setiap situasi presentasi berbeda, dalam banyak hal situasi berbicara di depan umum, keceriaan dan humor bisa sangat membantu dalam membuat presentasi menjadi enak. Orang yang tertawa adalah orang yang lebih kreatif. Mereka adalah orang yang lebih produktif. “

Berarti

Membuat presentasi adalah peluang untuk membuat perbedaan kecil di dunia, baik di komunitas, perusahaan, atau sekolah.  Presentasi yang berjalan buruk mungkin berdampak buruk pada semangat kita.  Namun presentasi yang berjalan dengan baik bisa sangat memuaskan presenter dan audiens, dan bahkan mungkin membantu karier kita.  Beberapa orang mengatakan bahwa kita “dilahirkan untuk makna.”  Kita hidup untuk ekspresi diri dan kesempatan untuk berbagi apa yang kita yakini penting.  Audiens sangat terbiasa dengan PowerPoint sehingga mereka tampaknya telah belajar untuk melihatnya sebagai hal yang normal, meskipun tidak ideal.  Namun, jika kita berbeda,  jika kita melebihi ekspektasi, menunjukkan kepada audiens bahwa kita telah memikirkan mereka, betapa kita sangat dihargai berada di sana. Dan kemungkinan besar kita akan membuat  dampak dan perbedaan, bahkan jika itu hanya dalam skala terkecil.  Bisa jadi ada makna besar bahkan dalam hubungan kecil ini.  Rancangan.  Cerita.  Simfoni.  Empati.  Bermain.  Berarti.  A Whole New Mind karya Dan Pink memberi kita konteks dunia baru yang kita tinggali dan menjelaskan mengapa bakat “high-touch” yang mencakup keterampilan presentasi yang luar biasa begitu penting saat ini.  Para profesional di seluruh dunia perlu memahami bagaimana dan mengapa kecerdasan desain, cerita, simfoni, empati, permainan, menjadi lebih penting dari sebelumnya.  Presentasi terbaik dari generasi kita akan dibuat oleh para profesional,  insinyur serta CEO dan tipe kreatif  yang memiliki bakat yang kuat.  Ini bukan satu-satunya bakat yang dibutuhkan oleh presenter modern, tetapi menguasai bakat ini bersama dengan kemampuan penting lainnya (seperti keterampilan analitis yang kuat) akan membawa kita jauh sebagai komunikator di Era ini.

Semoga Bermanfaat

AB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s