Mengenal Visualisasi Data dan Toolsnya

Gambar 1. Contoh Visualisasi Data

Visualisasi data telah mampu merubah cara dunia memandang data. Visualisasi data dapat membantu kita memahami data dengan lebih cepat dan efektif, kita dapat melihat data secara berbeda, yakni lebih imajinatif. Kita akan terdorong untuk menggali lebih banyak wawasan. Kitapun dapat mengeksplorasi data dengan lebih kreatif. Itu sejalan dengan perkataan Edward R. Tufte, pelopor di bidang visualisasi data, yang terdapat dalam buku Pro Tableau karya Seema Acharya dan Subhashini Chellappan yang menyebutkan.

“Keunggulan grafis adalah dengan memberikan jumlah ide terbesar kepada pemirsa dalam waktu singkat dengan tinta paling sedikit di ruang terkecil.”

Edward R. Tufte,

Visualisasi data adalah penggambaran data bergambar atau grafis yang memungkinkan kita untuk mengungkap tren, menemukan pola yang sampai sekarang tersembunyi, dengan cepat dan efisien.  Visualisasi data adalah komunikasi visual.  Visualisasi data membuat data lebih mudah dipahami, lebih mudah diinterpretasikan dan dianalisis.

Singkatnya, visualisasi data memiliki dua tujuan penting:

• Untuk memahami data (juga disebut analisis data)

• Untuk mengkomunikasikan secara visual (apa yang telah Kita temukan kepada orang lain).

Alat visualisasi data telah berkembang jauh dari bagan dan grafik standar Excel  ke bentuk bagan yang lebih trendi dan lebih canggih seperti peta geografis, grafik mini, dll.

Pertanyaannya mengapa harus visualisasi data?

Bayangkan perusahaan kita memutuskan untuk pertama kalinya meluncurkan sebuah produk baru yang sangat fantastis.  Ini berarti memerlukan investasi yang sangat besar. Kita perlu sangat yakin dengan target pelanggan kita. Kita meluncurkan survei online untuk mengenal pelanggan kita.  Di antara berbagai pertanyaan tersebut misalnya pertanyaan tentang pekerjaan / profesi mereka dan preferensi mereka terhadap produk baru kita yang akan diluncurkan.  Survei diluncurkan di beberapa kota dan kita memiliki cukup banyak data untuk dianalisis.  Meskipun ini dapat dilakukan secara manual, namun perlu lebih banyak waktu.  Waktu untuk launching produk sudah sangat dekat dan kita ingin segera memutuskan agar memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan produk tersebut.  Kita memutuskan untuk memplot temuan survei secara grafis.  Penggambaran grafis dari hasil survei memungkinkan kita dengan cepat memutuskan produk yang seperti apa, yang harus dipasarkan oleh perusahaan kita.

Skenario ini adalah contoh mengapa visualisasi data penting.  Ada banyak alasan untuk menggunakan visualisasi data:

• Kita ingin memahami korelasi antara penjualan dan laba.

• Kita ingin memprediksi volume penjualan.

 • Kita ingin mengidentifikasi area di mana bisnis kita berkembang pesat dan area di mana bisnis kita menyusut. 

• Kita ingin memprediksi bagaimana pasar akan bereaksi terhadap peluncuran produk baru kita.

• Kita ingin memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pelanggan kita. 

• Kita ingin melihat dengan jelas dan cepat pertumbuhan bisnis kita dari tahun ke tahun.

• Kita ingin menggali wawasan yang lebih dalam lagi. Dan tentunya

• Kita ingin menceritakan sebuah cerita dengan data kita.

Setelah kita mencoba mengenal visualisasi data dan pentingnya memvisualisasikan data dengan baik.  Kita perlu mencoba salah satu alat visualisasi data terkemuka di dunia saat ini, yakni Tableau.  Beberapa produk Tableau, yakni termasuk Tableau Desktop, Tableau Server, Tableau Online, Tableau Public, dan lain-lain.  Jika kita menggunakan software Tableau menjadikan lebih mudah divisualisasikan dengan baik.

Gambar 2. Visualisasi Data Tableau

Berikut ini adalah link website Tableau, dan pada tulisan-tulisan selanjutnya akan kita bahas cara instalasi Tableau hingga penggunaannya.

https://www.tableau.com/


Semoga bermanfaat,

AB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s