STEP MEMPELAJARI TABLEAU

Tableau memiliki misi untuk membantu orang melihat dan memahami data yang mereka miliki, dan kita perlu menguasai beberapa teknik dasar, untuk memudahkan dalam mengaplikasikannya. Tableau memudahkan kita dalam analisis dasar, seperti melihat ukuran penjualan, mengiris dan memotong ukuran tersebut dengan dimensi wilayah yang kita mau.

Mungkin saat ini tidak ada software yang lebih mudah daripada Tableau. Tapi kita juga mengalami beberapa kesusahan dan frustrasi saat mempelajari Tableau ini. Kita perlu solusi inovatif agar dapat menghasilkan beberapa visualisasi yang dapat dipahami seluruh audiens kita. Kali ini saya coba membagikan tip cara mempelajari Tableau, dari yang free hingga berbayar

1. Ikuti komunitas untuk belajar Tableau

Yang pertama dari lima tip teratas saya adalah mengikuti komunitas Tableau. Tableau memiliki komunitas.  Hal hebat tentang mengikuti komunitas adalah kita dapat bertanya kepada orang-orang di komunitas tersebut dengan tanpa biaya. Mungkin kita dapat mengikuti pengguna yang berbagi pengetahuan teknis tingkat lanjut. Beberapa referensi komunitas belajar tableau dari buku practical tableau karya Ryan Sleeper, seperti twitter Data Viz Heroes , yang mungkin bisa menjadi titik awal yang baik untuk belajar.  Di media twitter pula kata Ryan Sleeper, kita bisa cek di Data + Science Tableau Reference Guide, yang dikelola oleh Jeffrey Shaffer (@HighVizAbility).  Jika kita tidak dapat menemukan apa yang kita cari, kita bisa terlibat dengan Grup Tableau lokal.  Ini adalah sumber belajar gratis di mana kita dapat bertemu pengguna Tableau lokal dan belajar dari apa yang dilakukan orang lain. 

2. Ikuti kelas pelatihan

Menghadiri pelatihan Tableau atau workshop visualisasi data dapat membantu kita meningkatkan keterampilan secara signifikan dalam waktu singkat.  Pelatihan Tableau hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan dengan tip dari berbagai komunitas, kita perlu memilih pelatihan Tableau berdasarkan apa yang kita harapkan dari perangkat lunak ini.  Salah satu web yang menyelenggarakan pelatihan tableau adalah www.kreasipresentasi.com

3. Banyak membaca referensi tentang Tableau

Ada beberapa buku bagus tentang Tableau yang tersedia untuk dipelajari. Ini adalah titik awal yang bagus untuk mempelajari Tableau, dan terkadang kita anggap remeh. Sekarang ada lusinan sumber buku yang tersedia. Ada beberapa opsi buku bagus untuk kita belajar Tableau:

• Tableau Your Data!  by Dan Murray (Wiley)
Buku ini mungkin adalah satu buku, non-Praktis Tableau terbaik untuk memulai dengan Tableau.  Ini menyediakan beberapa dasar dasar, tetapi juga membahas fitur yang lebih canggih dan Server Tableau.

• Communicating Data with Tableau by Ben Jones (O’Reilly)
Menurut pendapat Ryan Sleeper, buku Ben adalah langkah kedua terbaik, karena lebih strategis dan memberikan beberapa cara untuk memikirkan pendekatan kita terhadap visualisasi data setelah kita memahami prinsip dasarnya. Ia juga menawarkan beberapa panduan langsung untuk aplikasi Tableau yang berbeda.

4. Praktek

Tidak dipungkiri untuk kita dapat menguasai software tableau ini kita bisa mencoba untuk praktik langsung. Kita dapat memulai dari hal yang paling simpel, yakni instalasi tableau dan mengikuti step-step yang terdapat dalam tutorial di youtube

5. Menggunakan Tableau Public

Tableau Public adalah alat gratis yang memiliki hampir semua fungsi yang sama dengan Tableau Desktop (Personal). Saat ini kita dapat terhubung dan menjelajahi Excel, file teks, dan Google Sheets dengan hingga 15 juta baris.

Pentingnya Tableau Public sebagai sumber bagi orang untuk belajar dan berdiskusi seputar pendekatan visualisasi data, karena software ini free dan tentunya fiturnya sudah cukup untuk kita dalam tahap proses belajar.

Itulah lima tips terbaik tentang cara belajar Tableau. Percayalah ketika bahwa semua orang sedang belajar! Kunci dari belajar adalah gigih.

Tableau cukup ramah pengguna dan memiliki begitu banyak sumber daya yang tersedia sehingga siapa pun yang berkomitmen dapat menjadi ahli.

Semoga Bermanfaat

AB

One thought on “STEP MEMPELAJARI TABLEAU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s