Tips Menyampaikan Data

Saat anda bertemu data yang jumlahnya ratusan, ribuan bahkan jutaan apa yang terbayang dibenak anda?, bagaimana anda menjelaskan ke audiens anda tentang data tersebut?. Ya, jawaban yang tepat adalah dengan memvisualisasikan data anda. Saat anda akan menjelaskan tentang data, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan dan diperhatikan dengan jelas sebelum anda memvisualisasikan data apa pun atau membuat konten.

Pertama, kepada siapa anda berkomunikasi? penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang siapa yang menjadi audiens anda dan bagaimana audiens anda memandang anda. Ini dapat membantu anda untuk mengidentifikasi kesamaan yang akan membantu memastikan mereka dapat mendengar pesan anda.

Kedua, apa yang anda ingin audiens ketaui atau lakukan?, anda harus jelas bagaimana anda ingin agar audiens anda dapat bertindak dan mempertimbangkan bagaimana anda akan berkomunikasi dnegan mereka dan intonasi keseluruhan yang ingin anda atur untuk berkomunikasi.

Hanya setelah anda dapat menjawab dengan singkat dua pertanyaan ini, anda siap untuk melanjutkan dengan pertanyaan ketiga yakni Bagaimana anda dapat menggunakan data untuk membantu menyampaikan maksud dan tujuan anda?. Baik, langsung saja untuk tips menyampaikan data.

1. Mengenai Siapa

  • Audiens anda

Semakin spesifik kita tahu tentang siapa audiens anda, semakin baik posisi anda untuk komunikasi yang sukses. Hindarilah audiens umum, dengan mencoba berkomunikasi dengan terlalu banyak orang dengan kebutuhan yang berbeda sekaligus dapat menempatkan diri anda pada posisi berkomunikasi yang tidak efektif

  • Anda

Perlu untuk diingat bahwa penting memikirkan hubungan yang anda miliki dengan audiens anda dan bagaimana cara pandang mereka terhadapa anda. Apakah dalam proses penyampaian data ini, anda pernah bertemu satu sama lain untuk pertama kalinya?, atau apakah anda sudah pernah menjalin hubungan?. Apakah mereka sudah mempercayai anda sebagai ahli untuk menyampaikan data?, atau apakah anda perlu bekerja keras untuk membangun kredibilitas?. Ini merupakan pertimbangan penting dalam menentukan cara menyusun komunikasi anda dan kapan data anda gunakan, serta mampu mempengaruhi audiens untuk melakukan sebuah tindakan dengan data tersebut

2. Tentang Apa

Apa yang anda harapkan agar audiens ketahui dan melakukan tindakan?,inilah sebuah inti. Anda perlu memikirkan bagaimana agar data yang anda sampaikan relevan bagi audiens dan membentuk pemahaman yang jelas tentang mengapa mereka harus peduli dengan data yang anda sampaikan. Saat kita mulai menyampaikan data seringkali muncul ketidaknyamanan yang didorong oleh keyakinan bahwa audiens lebih tahu daripada kita sebagai penyaji data. Ini merupakan asumsi yang salah, Jika anda adalah orang yang menganlisis dan mengkomunikasikan data, kemungkinan besar anda adalah orang yang paling mengetahuinya, anda adalah ahli, dan anda harus percaya diri. Ini akan menempatkan anda pada posisi untuk menafsirkan data dan membantu mengarahkan orang pada sebuah pemahaman dan sebuah tindakan.

3. Tentang Bagaimana

Setelah kita dapat menjelaskan siapa audiens kita dan apa yang kita ingin mereka ketahui dan lakukan, kita dapat beralih ke data dan mengajukan pertanyaan. Data apa yang tersedia yang dapat membantu menyampaikan maksud kita?. Data menjadi bukti pendukung yang akan anda bangun dan ceritakan. Kita akan bahas lebih lanjut tentang cara menyajikan data secara visual di tulisan-tulisan selanjutnya

Nah itu tadi tips menyampaikan data, perlu diingat siapa audiens kita, apa output dari data yang kita sampaikan, bagaimana cara memvisualisakan data tersebut.

Semoga bermanfaat

AB