PANDUAN MEMADUKAN FONT

Saat anda mendesain slide presentasi, seringkali kita dihadapkan dengan masalah tentang bagaimana memadukan antara jenis font yang satu dengan yang lain. Kita pahami bahwa memadukan beberapa font atau huruf dalam sebuah tampilan slide presentasi adalah hal yang sangat penting. Selain membuat presentasi anda lebih profesional, paduan font dapat membantu audiens memahami konten yang anda sampaikan. Maka penting bagi kita untuk membahas tentang panduan memadukan font.

Beberapa panduan memadukan font di artikel ini, saya rujuk dari artikel Nayomi Chibana, seorang jurnalis dengan pengalaman lebih dari lima tahun yang mencakup berbagai topik, sekaligus penulis untuk Pusat Pembelajaran Visual Visme, serta artikel dari canva dan design tutsplus. Berikut panduan memadukan font yang saya harap bermanfaat bagi anda:

1. Padukan jenis font serif dengan sans serif

Di awal kita perlu mengetahui perbedaan antara font serif dengan sans serif. Font serif memiliki garis-garis kecil yang berdiri horizontal pada badan huruf. Sedangkan Font serif tidak memiliki garis-garis kecil dan bersifat solid. Jenis font seperti ini lebih tegas, bersifat fungsional dan lebih modern. Gambar dibawah ini akan memudahkan anda untuk mengetahui perbedaannya

Contoh font yang dapat dikelompokkan pada jenis huruf serif adalah : Times New Roman, Garamond, Book Antiqua, Palatino Linotype, Bookman Old Style, Calisto MT, Dutch, Euro Roman, Georgia, Pan Roman, Romantic, Souevenir, dan lain-lain. SedangkanContoh font yang digolongkan kepada sans serif adalah : Arial, Futura, Avant Garde, Bitstream Vera Sans, Century Gothic, Calibri dan lain sebagainya.

Memasangkan font serif dan sans serif akan menjadikan desain kita lebih aman, karena, aturan umum, semakin kontras font anda, maka akan semakin baik. Anda dapat melihat gambar dibawah ini bagaimana perbedaan dua font. Paduan font sebelah kanan menciptakan desain yang menarik secara keseluruhan. Sementara itu, paduan font di sebelah kiri tidak bekerja sama dengan baik karena mereka terlalu mirip.

2. Buatlah ukuran font menjadi kontras

Teks di sebelah kiri, misalnya, menggunakan ukuran font 24 pt untuk header dan ukuran font 18 pt untuk body. Ukuran kontrasnya terlalu kecil, sehingga sulit bagi audiens untuk membedakan mana yang paling penting. Berbeda dengan teks di sebelah kanan yang menggunakan ukuran font 36 pt untuk header dan ukuran font 18 pt untuk body

3. Tetapkan ketebalan yang berbeda

Cara lain untuk memastikan hierarki visual yang jelas adalah dengan menggunakan ketebalan font yang bervariasi, dengan perbedaan yang jelas dalam ketebalan font yang digunakan, anda akan menemukan harmoni.

4. Gunakan dua hingga tiga jenis font, jangan lebih

Semakin banyak jenis font yang digunakan dalam sebuah slide presentasi, maka audiens akan menjadi sulit fokus terhadap pesan penting dari presentasi anda. Saya sarankan untuk optimal, adalah 2 jenis font hingga 3 jenis font, tidak lebih.

5. Percayai naluri anda

Seperti keterampilan apa pun, pemasangan font membutuhkan latihan. Anda hanya akan menjadi lebih baik dengan mencoba berbagai hal dan menggabungkan font Anda sendiri.

Nah itu tadi panduan memadukan font yang bisa saya share, bagi anda yang masih kesulitan, anda bisa coba menggunakan bantuan link web dibawah ini.

Link Web: https://fontpair.co/

Untuk cara menggunakannya akan saya share di tulisan saya berikutnya, semoga bermanfaat

AB

Advertisement