5 KLASIFIKASI JENIS FONT

Ketika anda mendownload sebuah font untuk tampilan slide presentasi anda, mungkin anda bertanya-tanya tentang bagaimana mengklasifikasi jenis font, karena hampir setiap hari kita temukan banyak font baru bermunculan.

Sudah kita ketahui bahwa font dapat menyampaikan pesan dan perasaan kepada audiens secara instan, tentu perkara memilih jenis font yang tepat menjadi hal yang sangat penting. Sekarang ada ribuan bahkan jutaan font dalam berbagai gaya yang dengan mudah tersedia di internet. Tetapi itu menjadi lebih sulit dari sebelumnya untuk mengetahui apakah anda telah tepat memilih jenis font untuk slide presentasi anda.

Sebelum kita mempelajari dunia jenis font dan gaya font, perlu kita untuk memahami beberapa hal dasar tentang anatomi dari sebuah font. Berikut gambar untuk mempermudah pemahaman anatomi dari sebuah font.

Dari gambar di atas, kita dapat mengetahui bagian-bagian font, yakni:

  • Baseline : Bagian tengah font, semua font berada pada bidang tak terlihat yang disebut garis dasar
  • Ascender : Bagian atas font yang melewati garis dasar font
  • Desecender : Bagian bawah font yang melewati garis dasar font

Dalam fonts.com kita dapat mempelajari mengenai dunia tipografi lebih detail lagi, bagi anda yang membutuhkan ilmu tentang tipografi. Lanjut tentang klasifikasi jenis font, dari sekian banyak klasifikasi font, Meg Reid, seorang kontributor di 99design.com dan juga seorang editor serta penulis non fiksi yang tinggal di Carolina Selatan, mengelompokkan beberapa jenis font menjadi 5 klasifikasi.

Baik langsung saja, kita mengenal 5 klasifikasi jenis font berikut.

1 – Serif Fonts

Serif Font adalah font asli yang paling klasik. Jenis font yang mempunyai kait, mata pancing atau sepatu di setiap ujung nya. Serif berasal dari orang romawi yang menyapukan kuas mereka di bagian atas dan bawah. serif Font mulai populer pada abad ke-15. Font serif berada dalam kehidupan kita sehari-hari, hampir di setiap buku atau dokumen, misal Times New roman.

2 – Slab Serif Fonts

Slab Serif adalah font yang mengesankan, bentuk lebih besar serif. Font yang memiliki sepatu, kait atau mata pancing, yang memberikan kesan seperti tulisan dari mesin ketik. Jenis font ini menjadi terkenal pada abad ke-19, berfungsi untuk meneriakkan pesan dari jarak yang cukup jauh. Salah satu contoh adalah clarendon, dapat digunakan untuk paragraf teks yang lebih panjang

3 – Sans Serif Fonts

Sans Serif adalah font yang tidak memiliki kaki/lengkungan seperti serif. Font sans serif ini memiliki sifat yang lebih tegas dan modern daripada font serif. Muncul pada abad ke-19 tetapi terkenal di era modern saat ini. Kelebihan Sans serif adalah telihat ekonomis, efisien, bersih dan modern.

4 – Script Fonts

Script Fonts adalah font yang bentuknya menyerupai tulisan tegak bersambung. Font ini memiliki ciri khas huruf yang terhubung satu sama lain. Font ini lebih nampak natural dan elegan. Namun karena mengandung banyak lekukan, penggunaan Script Font cukup terbatas jika dibandingkan dengan jenis font lainnya. Umumnya Script digunakan pada tulisan yang singkat, bukan tulisan panjang seperti dalam paragraf.

5 – Handwritten Fonts

Handwritten Fonts merupakan font yang mirip dengan tulisan tangan manusia. Font ini sering kali tidak memiliki struktur dan definisi bentuk huruf. Handwritten Fonts memberikan sentuhan kreatif dan unik dalam setiap penggunaannya.Serupa dengan Script, penggunaan Handwritten juga terbilang cukup terbatas.

Nah itu tadi 5 klasifikasi jenis font, untuk mempermudah anda dalam memilih font untuk slide presentasi anda. Semoga Bermanfaat

AB