5 REFERENSI BELAJAR VISUALISASI DATA

Banyak dari kita yang mungkin berpikir bahwa visualisasi data merupakan bidang yang tidak jelas, namun seiring berkembangnya tingkat modernitas visualisasi data telah banyak muncul dalam bidang business intelligence dan jurnalisme data. Saat anda melihat semua infografis, maka sebenarnya visualisasi data sedang beraksi dan banyak cara untuk menyajikan data secara efektif.

Bagi anda yang saat ini, ingin mempelajari lebih lanjut tentang visualisasi data atau bagi anda yang berkecimpung di bidang visualiasi data, pasti anda memerlukan referensi tentang memvisualkan data. Mak artikel ini akan sangat membantu anda untuk meningkatkan wawasan anda tentang visualisasi data.

Nah tulisan saya kali ini merujuk langsung dari website tableau, yang notabene merupakan salah satu brand software BI yang terkemuka. Baik langsung saja, berikut 5 referensi belajar visualisasi data.

1 – Storytelling with Data

Storytelling with data adalah salah satu referensi yang bagus untuk membantu menciptakan narasi yang menarik. Penulis dan CEO Storytelling with data Cole Nussbaumer Knaflic menggunakan pendekatan berbasis cerita yang mendalam untuk memvisualisasikan data. Buku dan situs ini sangat saya rekomendasikan bagi anda yang mebutuhkan wawasan tentang visualisasi data

2 – Information is Beautiful

Information is Beautiful merupakan panduan visual tentang cara dunia bekerja yang ditulis oleh David McCandless. Buku dan situs ini berisi tampilan infromasi yang memukau secara visual yang memadukan fakta dan konteks, sehingga membuat infomasi bermakna, dan indah.

3 – Flowing Data

Dalam bukunya yang berjudul Visualize This, Nathan Yau mengajarkan kepada anda membuat grafik yang mampu menceritakan alur cerita dengan data yang nyata, dan anda akan dapat belajar dengan baik dalam prosesnya. Bagaimanapun visualisasi adalah tentang data yang menjadi dasarnya.

4 – Visualising Data

Buku ini ditulis oleh Andy Kirk yang bertujuan untuk membuat Visualizing Data sebagai ensiklopedia untuk dunia visualisasi data. Buku ini disusun menjadi tiga bagian utama yakni tentang FOUNDATIONS; THE HIDDEN THINKING; dan DESIGN THINKING, yang terdiri dari sepuluh bab. Buku dan situs ini perlu anda jadikan sebagai referensi yang tepat untuk belajar

5 – Tableau Blog

Tableau selain memberikan wawasan tentang penawaran produk dan perusahaan . Tableau blog juga menyediakan banyak contoh visualisasi data, inspirasi, tips dan trik, komunitas dan tutorial untuk kita belajar memvisualisasikan data. Nah jika anda membutuhkan pelatihan atau training tentang Tableau ini anda bisa menghubungi tim kreasi presentasi untuk belajar lebih lanjut.

Baik itu tadi 5 referensi belajar visualisasi data, semoga bermanfaat

AB