PANDUAN VISUALISASI DATA

Saat ini merupakan eranya data, maka visualisasi data adalah sebuah keharusan mutlak bagi siapapun yang ingin memahami konten dalam data tersebut. Visualisasi data sangat membantu pemahaman kita tentang data yang digunakan untuk mengambil tindakan ataupun menganalisa masalah. Visualisasi data yang tepat, akan membuat pemahaman terhadap data kian menyeluruh, dan pengambilan keputusan jauh lebih cepat.

Keunggulan dari visualisasi data yang baik dapat menarik perhatian audiens dan pesan yang dapat tersampaikan. Tentu saja, salah satu cara terbaik untuk memahami visualisasi data adalah dengan melihatnya. Kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda beberapa panduan visualisasi data, tulisan kali ini merujuk pada artikel yang ditulis di website resmi Tableau. Baik, berikut panduan visualisasi data yang tepat untuk anda.

1-Kenali Jenis Visualisasi untuk Data

Saat mendengar tentang visualisasi data, pasti anda memikirkan dan tertuju pada grafik batang atau diagram lingkaran sederhana. Walaupun tetap grafik batang dan diagram lingkaran merupakan bagian dari visualisasi data. Visualisasi yang tepat untuk menggambarkan data perlu dipasangkan dengan kumpulan informasi yang tepat. Ada banyak pilihan metode visualisasi untuk menyajikan data dengan efektif dan menarik. Berikut jenis visualisasi data.

Jenis umum visualisasi data :

  • Chart
  • Tabel
  • Graph
  • Maps
  • Infografis
  • Dashboard

2-Belajar lebih lanjut tentang visualisasi data

Jika ada ingin mempelajari tentang visualisasi data lebih lanjut, ada banyak sumber daya yang dapat anda peroleh, baik tips, trik, teori dan lainnya. Anda dapat mencari buku referensi maupun situs-situs maupun video-video di youtube yang membahas tentang visualisasi data, atau bagi anda yang memiliki sumber dana yang cukup anda dapat mengikut kelas-kelas pelatihan tentang visualisasi data sebagai contoh pelatihan yang diadakan oleh kreasi presentasi

3-Memilih software yang tepat sebagai alat visualisasi data

Ada banyak tools untuk memvisualisasikan data dan analisis data, dari yang sederhana hingga yang kompleks. Tidak setiap software cocok untuk setiap orang yang akan mempelajari teknik visualisasi, dan tidak setiap software dapat disesuaikan dengan tujuan dari perusahaan. Jika anda membutuhkan referensi tentang software untuk visualisasi data silahkan baca di tulisan saya ini. BACA DISINI

Perlu diingat bahwa teori dan keterampilan visualisasi data yang baik akan dapat melampaui tool maupun software tertentu. Fokuslah pada praktik dan explore lebih ciri khas anda dalam memvisualisasikan data.

Nah, itu tadi panduan visualisasi data yang dapat memudahkan anda. Semoga bermanfaat.

AB