3 JENIS MASALAH MENGKOMUNIKASIKAN DATA

Saat anda menyaksikan sebuah data yang dikomunikasikan dengan visual yang tepat maka anda akan mudah memahami isi dari data tersebut. Coba anda cek video dari Hans Rosling, seorang pembicara di TED dan seorang ahli kesehatan global serta data visioner., yang mampu berinteraksi dengan audiens sehingga membuat audiens memahami tentang data yang disampaikan dan membuat audiens dapat melakukan sesuatu tindakan dengan pemahaman yang baru temukan di atas panggung. Jika anda melihat salah satu video dari Hans Rosling klik disini

Disisi lain, pikirkan ketika anda merasa bingung dengan seorang presenter yang menyampaikan data dengan dengan menyertakan bagan atau grafik yang dirancang dengan buruk yang berisi informasi yang kita sama sekali tidak mudah untuk memahami.

Nah untuk memahami bagaimana anda dapat mengkomunikasikan data dengan baik dan mengatasi masalah diatas, pada tulisan kali ini saya ingin berbagi tentang 3 jenis masalah mengkomunikasikan data yang saya rujuk dari buku, Communicating Data With Tableau karya Ben Jones seorang pendiri dan CEO Data Literacy, LLC, perusahaan pelatihan dan pendidikan yang memiliki misi untuk membantu orang-orang mempelajari bahasa data.

Baik lansung saja berikut 3 jenis masalah mengkomunikasikan data.

1 – Masalah Teknis

Masalah teknis mencakup bagaimana data dapat dikomunikasikan secara akurat, misal terkait resolusi layar yang tidak memadai, audio yang yang terdengar kurang pas, video yang tidak HD, kualitas gambar yang rendah, apapun yang mengakibatkan audiens menerima sesuatu yang berbeda dari yang presenter harapakan, menjadi tantangan untuk memastikan pesan yang diterima audiens utuh

2 – Masalah Semantik

Masalah semantik mencakup bagaimana data yang dikomunikasikan dapat disampaikan secara tepat sesuai makna yang diinginkan. Misal sejauh mana mengkomunikasikan data yang kita lakukan melalui presentasi dapat dipahami atau ditangkap sesuai apa yang kita maksudkan.

Ini berarti secara teknis, suara kita sudah dapat didengar dengan cukup jelas oleh audiens kita, tapi belum tentu apa maksud dari penyampaian data kita, dapat dipahami atau ditangkap secara baik oleh audiens kita


3 – Masalah Efektivitas

Masalah efektivitas mencakup bagaimana data atau materi presentasi yang disampaikan presenter dapat diterima secara efektif, sehingga mampu mempengaruhi tingkah laku dengan cara yang diharapkan?.

Jika ternyata komunikasi yang dilakukan tidak berhasil mengubah perilaku audiens kita agar mau mengikuti apa-apa yang dimaksudkan oleh presenter, maka komunikasi terkait data yang dilakukan dianggap mengalami gangguan. Lebih dari itu presentasi yang dilakukan dilihat juga sebagai komunikasi yang tidak efektif, atau komunikasi yang gagal.

Nah, itu tadi 3 jenis masalah mengkomunikasikan data yang umum dilakukan hampir setiap presenter. Semoga Bermanfaat

AB

One thought on “3 JENIS MASALAH MENGKOMUNIKASIKAN DATA

Comments are closed.