6 PRINSIP MEMPRESENTASIKAN DATA eps.1

Apakah anda merasakan masalah ketika anda mempresentasikan sebuah data?. Jika iya, maka tulisan kali akan sangat membantu anda dakam menghadapi masalah tersebut.

Untuk mengatasi masalah mengkomunikasikan data, Ben Jones dalam bukunya yang berjudul Communicating Data with Tableau mengusulkan enam prinsip untuk dipertimbangkan saat mempresentasikan data. Berikut 6 prinsip mempresentasikan data eps.1,

1 – Kenali tujuan anda

Sebelum anda mempresentasikan data, perlu diketahui tentang tujuan anda menyampaikannya. Beberapa pertanyaan mendasar, sebelum mempresentasikan data yang wajib anda jawab:

  • Dengan siapa anda akan berkomunikasi?
  • Apa yang ingin audiens anda pahamii?
  • Mengapa anda ingin audiens melakukan sesuatu?

Jawaban atas tiga pertanyaan mendasar diatas, akan berbeda. Ketika audiens anda, memiliki disiplin ilmu/latar belakang yang berbeda juga. Misalkan, seorang jurnalis data yang mengerjakan berita terbaru, tidak memiliki tujuan yang sama, dengan analis bisnis yang bekerja di sebuah perusahaan. Ketika mereka akan mempresentasikan data, maka pasti presentasi yang disampaikan akan berbeda. Anda perlu yakin dalam menjawab tiga pertanyaan diatas, sebelum melangkah lebih jauh

2 – Gunakan data yang benar

Ketika anda mencoba menyampaikan data dengan jumlah yang banyak. Dan seakan membanjiri penonton dengan semua data anda. Maka sejatinya, anda tidak bisa meningkatkan pesan yang ingin anda sampaikan kepada audiens. Bahkan menghilangkan pesan penting.

Hal terakhir dan terpenting tentang memilih data adalah bahwa pesan yang anda sampaikan harus etis dan masuk akal. Atau kita bisa sebut, “Jangan berbohong dengan statistik”.

3 – Pilih visualisasi yang sesuai

Setelah Anda mengidentifikasi data yang diperlukan. Langkah selanjutnya adalah memilih visualisasi data anda. Memvisualisasikan data berarti mengubah nilai data itu sendiri menjadi representasi grafis, seperti ukuran atau warna atau bentuk. Jock Mackinlay seorang pakar visualisasi informasi Amerika dan Wakil Presiden Riset dan Desain di Tableau Software, mengidentifikasi urutan efektivitas variabel visualisasi yang berbeda berdasarkan jenis data yang digunakan. Dimana jenis data terbagi menjadi dat: kuantitatif, ordinal, dan nominal.

Baik itu tadi tiga prinsip dari 6 prinsip mempresentasikan data eps.1, Untuk episode 2, nantikan tulisan saya selanjutnya. Semoga bermanfaat

AB

One thought on “6 PRINSIP MEMPRESENTASIKAN DATA eps.1

Comments are closed.