VISUALISASI DATA, APA PENTINGNYA?

Source: wikimedia.org

Dengan begitu cepat dan luasnya informasi yang dapat diterima di era sekarang. Maka data yang dapat anda kumpulkan pun menjadi semakin banyak. Namun, tentu anda harus memiliki sebuah cara, jika kita hendak mengkomunikasikan data tadi dengan audiens anda. Data yang tidak terbatas jumlahnya tersebut, jika tidak dikomunikasikan dengan cara tepat, akan memunculkan multi-penafsiran.

Salah satu cara untuk mengkomunikasikan data dengan efektif yakni, dengan cara memvisualisasikan data. Visualisasi data memberi kita gambaran yang jelas, tentang informasi dengan memberikan konteks visual melalui peta atau grafik. Ini membuat data lebih mudah untuk dipahami oleh pikiran manusia, dan oleh karena itu memudahkan kita untuk mengidentifikasi tren, pola, dan bahkan kesimpulan dari kumpulan data yang besar.

Kesempatan kali ini saya ingin membahas, pentingya visualisasi data dan jenis-jenisnya. Berikut pembahasannya.

Visualisasi Data, Apa Pentingnya?

Source: wikimedia.org

Apa pun bisnis atau karier yang Anda pilih. Visualisasi data dapat membantu anda dalam mengkomunikan data antar divisi dalam sebuah perusahaan, dengan cara yang sangat efisien. Sebagai salah satu langkah penting dalam proses business intelligence atau kecerdasan dalam bisnis, visualisasi data mengambil data mentah, menganalisanya, dan membuat data mudah disimpulkan, mudah dipahami dan ditafsirkan.

Visualisasi data tidak hanya penting bagi ilmuwan data dan analis data, tetapi juga penting untuk bidang apa pun. Apakah Anda bekerja di bidang keuangan, pemasaran, teknologi, desain, atau apa pun, Anda perlu memvisualisasikan data. Fakta tersebut menunjukkan pentingnya visualisasi data.

Data yang divisualisasikan memberikan prediksi yang lebih baik kepada pemangku kepentingan, pemilik bisnis, dan pembuat keputusan tentang volume penjualan dan pertumbuhan di masa depan.

Alasan lain kenapa visualisasi data sangatlah penting, karena data yang ditampilkan secara visual memungkinkan banyak orang untuk memahami data dengan lebih cepat. Mencari informasi dari data yang bergunung-gunung tidaklah mudah, tetapi bagan dan grafik dapat mempermudah pencarian informasi dengan cepat dan tepat.

Alasan lain mengapa data visual itu penting. Sebuah infografis dari Wyzowl menunjukkan bahwa hanya 10% orang yang mampu mengingat apa yang mereka dengar. 20% orang yang mengingat apa yang mereka baca. Tetapi 80% orang mengingat apa yang mereka lihat dan lakukan. Otak kita dapat mengingat gambar jutaan kali lebih cepat daripada kata apalagi data. Dan karena itu, data visual dapat membantu kita dalam mengingat dan mencerna informasi.

Source: finereport.com

Jenis-jenis Visualisasi Data

Di masa-masa awal, cara termudah dan paling umum untuk membuat visualisasi data adalah dengan mengambil informasi dari spreadsheet Excel dan mengubahnya menjadi grafik batang, diagram lingkaran, atau tabel.

Metode ini masih sangat efektif, tetapi tren visualisasi data juga telah berkembang pesat selama lebih dari 20 tahun terakhir.Saat ini Anda juga memiliki opsi untuk membuat visualisasi yang lebih rumit seperti:

  • Bubble clouds.
  • Bullet graphs.
  • Heat maps.
  • Radial trees.
  • Infographics.
  • dan masih banyak lagi.

Saat memutuskan jenis visualisasi mana yang akan anda gunakan, Anda tidak bisa hanya memilih secara acak.

Pertama, pastikan data lengkap dan siap untuk dikerjakan, jika perlu rapikan dahulu data anda. Kemudian Anda harus mempertimbangkan jenis data tertentu yang Anda kerjakan, serta siapa audiens Anda dan pesan apa yang ingin Anda sampaikan. Terkadang grafik sederhana adalah yang paling efektif, sedangkan di lain waktu visualisasi yang lebih kompleks diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Siapa yang Menggunakan Visualisasi Data?

Visualisasi data digunakan di semua jenis perusahaan, yang mana para top manajemen level dan pemangku kepentingan perlu menggunakan visualisasi data.Hari-hari menjelajahi ribuan baris spreadsheet telah berakhir, karena sekarang kita sudah beralih ke visualisasi datauntuk mengidentifikasi tren dan pola.

Kesimpulan
Kita membutuhkan visualisasi data, karena otak manusia tidak mampu untuk melahap begitu banyak informasi mentah dan tidak terorganisir, maka kita perlu mengubahnya menjadi sesuatu yang dapat digunakan dan mudah dimengerti.

Nah itu tadi pembahasan, visualisasi data, apa pentingnya?. Nantikan tulisan saya berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all

Semoga Bermanfaat

AB

REFERENCE

https://analytiks.co/importance-of-data-visualization/

https://www.import.io/post/what-is-data-visualization/#:~:text=We%20need%20data%20visualization%20because,way%20the%20human%20brain%20works.&text=Charts%20and%20graphs%20make%20communicating,identify%20the%20patterns%20without%20them.

https://www.searchenginejournal.com/what-is-data-visualization-why-important-seo/288127/