PERBEDAAN EXCEL VS TABLEAU

Tanpa disadari setiap orang saat ini menghasilkan serta berurusan dengan data. Mulai dari data sederhana berupa posting di Facebook, obrolan di WhatsApp, upload foto di Instagram, dan pencarian berbagai hal di laman google.

Nah, tahukah anda tentang berbagai alat pengolah data, semisal excel, hingga alat untuk memvisualisasikan data seperti tableau?.

Banyak yang mengira Tableau dan Excel adalah alat yang saling bersaing, seperti apel dan jeruk. Kedua alat tersebut digunakan untuk analisis data. Namun, sebenarnya baik tableau dan excel merupakan alat yang apabila digunakan bersamaan menghasilkan hasil yang powerful

Pada kesempatan kali ini, saya mencoba membahas tentang perbedaan alat pengolah data dan alat visualisasi data. Berikut penjelasan tentang perbedaan excel vs tableau:

Spreadsheet vs Data Visualization

Untuk memudahkan: Excel adalah alat spreadsheet, sedangkan Tableau adalah alat visualisasi data.

Excel adalah alat yang menampilkan data dalam format tabel (tabel kolom dan baris). Setiap titik data disimpan dalam “sel” dan dapat dimanipulasi dengan rumus yang diatur secara manual. Grafik, bagan atau representasi lain dapat dibuat sesudahnya.

Tableau adalah alat yang digunakan untuk memformat data dalam tampilan bentuk bergambar atau grafis. Sehingga anda dengan mudah dapat menemukan pola, tren, atau korelasi antara titik data. Alat ini biasanya terhubung ke alat pihak ketiga untuk menarik data dan memiliki fungsi yang mudah digunakan, seperti fitur drag & drop atau menu tarik turun, sehingga pengguna dapat menjelajahi data dengan bebas.

Perbedaan Utama Antara Excel dan Tableau

Di bawah ini adalah daftar poin, yang menjelaskan perbedaan utama Antara Excel dan Tableau:

1 – Excel adalah perangkat lunak yang digunakan menangani data seperti perhitungan dan penggunaan rumus. Berbeda dengan Tableau. Tableau adalah salah satu alat visualisasi yang banyak digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk yang mudah dipahami.

2 – Meskipun excel memiliki beberapa fitur penting, tapi excel masih dianggap sebagai alat tradisional yang terstruktur. Tableau didirikan pada tahun 2003. Sedangkan Excel tergolong kuno dibandingkan tableau.

3 – Excel membutuhkan pengetahuan skrip vb (Visual basic) untuk menggunakan fungsionalitas dan komponennya secara penuh. Sedangkan Tableau sangat ramah pengguna dan sangat mudah mendesain untuk mendesain dasbor. Drag & drop adalah fitur utama, di mana pengguna merasa mudah untuk menggunakan tableau.

4 – Excel dapat menyambungkan ke sumber eksternal yang berbeda menggunakan plugin. Tableau memiliki banyak sumber untuk dihubungkan dan juga memiliki kapabilitas tentang cloud system. Selain itu, ada beberapa persyaratan sistem untuk mengakses atau mengembangkan dengan menggunakan excel. Tableau jauh lebih baik dalam melakukan koneksi langsung ke sumber eksternal dalam hal kecepatan dan akses.

5 – Tableau masuk ke pasar sebagai desas-desus karena masalah big data yang dihadapi organisasi. Excel telah menjadi sumber daya yang terbatas dalam hal data. Excel juga memiliki baris dan kolom yang terbatas saat digunakan.

6 – Untuk laporan yang lebih simpel, excel adalah alat yang mudah digunakan dibandingkan dengan tableau. Tableau membutuhkan pengaturan dan konfigurasi. Untuk data jangka pendek dan minimalis dalam kasus bisnis, excel adalah pilihan yang tepat.

7 – Dari segi aplikasi dan penggunaannya, semuanya tergantung pada kebutuhan bisnis anda. Untuk masalah big data saat ini, , tablo mengambil pilihan utama. Padahal, setiap analisis deskriptif dan transformasi matematis dari data dan laporan statis, excel adalah pilihan pertama.

8 – Tableau memiliki banyak versi mulai dari versi desktop, prep, server, public dan berbasis cloud. Ini adalah opsi khusus dalam memilih versi karena fitur. Sedangkan Excel adalah perangkat lunak berlisensi Microsoft yang dilengkapi dengan fitur kebutuhan kantor sederhana.

9 – Titik data di excel disimpan dalam sel. Data diakses dan direpresentasikan dalam format tabel di mana nilai atau informasi apa pun disajikan di dalam sel. Excel juga dapat membuat Grafik atau bagan, namun tidak terlalu kompleks.

10 – Tableau memformat data dalam representasi bergambar. Tableau menggambarkan tren dan kepadatan data dalam bentuk bagan dan grafik. Tableau dapat terhubung ke alat pihak ketiga untuk menarik data dan memvisualisasikannya.

11 – Excel digunakan di berbagai bidang dan juga di banyak sektor. Tidak terbatas pada bidang tertentu atau sektor tertentu terkait data. Bahkan perhitungan dasar dapat digunakan. Penggunaannya berkisar dari kalkulasi dasar hingga makro yang kompleks di mana skrip VB (Visual Basic) dapat dikembangkan.

12 – Tableau digunakan secara khusus untuk memvisualisasikan data yang ditarik dari sumber eksternal atau data lokal. Tableau tidak memerlukan skrip yang rumit. Kemudahan akses dan ramah pengguna.

Tabel Perbandingan Excel dan Tableau

Di bawah ini adalah tabel Perbandingan antara Excel dan Tableau:

Dasar Untuk PerbandinganExcelTableau
Secara DefinisiPerangkat lunak yang digunakan untukmengatur, memformat, dan menghitung dataPerangkat lunak yang digunakan untuk mewakili dan memvisualisasikan wawasan dari data
PeruntukanUntuk menyimpan data dan manipulasiUntuk Representasi data
BenefitManipulasi dan statistik deskriptif.Visualisasi interaktif cepat, dan
Mudah digunakan
Penggunaan secara real timeAplikasi atau program eksternal harus ditambahkan agar dapat digunakan secara real-time.Interaktif real-time dengan data
Kemudahan penggunaanPerlu pengetahuan tentang scripting (VB) dan makro untuk menggunakannya secara penuh.Tidak diperlukan keterampilan pengkodean.
KeunggulanMemanipulasi dataMemvisualisasikan dan menyimpan data dalam jumlah besar
Solusisolusi terbaik untuk penggunaan sederhana dan data yang terstruktursolusi terbaik untuk mempresentasikan big data

Kesimpulan

Di era teknologi modern ini, ada beberapa orang mengatakan excel dan tableau sama dalam hal kebutuhan dan penggunaan. Tapi ternyata tidak. Fungsi yang sama dapat dilakukan di Excel dan Tableau. Tetapi ada beberapa hal tidak dapat dilakukan, di excel maupun di tableau. Setiap pengembang atau peneliti lebih suka menggunakan excel daripada tableau seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun. Banyak orang ragu dengan alat atau aplikasi baru. Padahal Tableau semakin populer karena kemampuan intelijen bisnisnya dan juga kemudahan membangun dasbor.

Karena masalah big data semakin meningkat di zaman ini, ada juga alat visualisasi berbeda yang akan muncul. Sebuah industri tidak akan dapat menggunakan satu alat tertentu untuk analitik data apa pun. Ini adalah peralihan antara Excel dan Tableau. Excel memiliki kapabilitas yang kuat dalam hal perhitungan data dan tableau mampu membuat data yang kompleks menjadi sebuah visualisasi yang mudah dipahami.

Nah itu tadi pembahasan, terkait perbedaan excel vs tableau. Nantikan tulisan saya berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

One thought on “PERBEDAAN EXCEL VS TABLEAU

Comments are closed.