TIPS BELAJAR INFOGRAFIS

Source: wp.com

Jika anda bukan orang yang mampu berbahasa jepang, lalu berjalan-jalan ke daerah jepang yang semua bertuliskan huruf jepang, bagaimana anda bisa mengetahui arah ke toilet, stasiun, atau pusat perbelanjaan?. Yups jawabannya kita cukup melihat simbol atau tanda penunjuk yang terpampang di sebuah tempat. Nah itulah infografis

Infografis berasal dari kata infographic, alias singkatan Bahasa Inggris yaitu information dan graphics. Sesuai namanya, infografis adalah informasi yang disajikan dalam bentuk teks yang dipadukan dengan elemen visual seperti grafik,  gambar, ilustrasi, atau tipografi.

Bagi anda yang ingin memulai belajar membuat Infografis. Tips belajar infografis ini akan sangat membantu anda. Pasti anda sudah tidak sabar kan, yuk simak tips dibawah ini

1 – Aktifkan notifikasi Google News untuk infografis

Apakah Anda sudah tahu bahwa Google News memiliki fitur di mana Anda dapat menerima kumpulan email dari berita utama yang menyertakan kata kunci yang Anda butuhkan? Dengan menyiapkan notifikasi dengan istilah “infografis”, Anda akan mendapatkan inspirasi desain harian dari beberapa infografis terbaik. dengan mengatur peringatan ini, Anda dapat melihat tren infografis yang terungkap secara real time sambil mengasah perhatian Anda pada detail.

2 – Ikuti kursus online tentang infografis

Source: pixabay.com

Salah satu tempat belajar terbaik untuk mempelajari apapun dari para ahli profesional dunia adalah LinkedIn. LinkedIn merupakan sumber yang luar biasa untuk mempelajari metode dan teknik desain untuk berbagai kegunaan, termasuk desain infografis.

Salah satu resource dalam bidang desain infografis, yang dapat anda dapatkan di LinkedIn adalah dari Amy Balliett, seorang Founder dan CEO Killer Visual Strategies, perusahaan komunikasi visual yang berada di Seattle, Washington, US.

3 – Belajar tutorial dari program desain grafis anda

Sudah kita ketahui bahwa software untuk membuat infografis salah satunya adalah adobe illustrator. Adobe Illustrator adalah alat terkemuka untuk merancang infografis. Ada beberapa video tutorial tentang infografis yang dibuat di adobe illustrator. Namun jika anda masih merasa kesulitan, tidak ada salahnya untuk membuat infografis dari powerpoint, tutorialnya pun ada beberapa.

4 – Menghadiri workshop infografis secara langsung

Jika Anda sudah memiliki beberapa keterampilan desain dan mahir dengan alat-alat seperti Illustrator, ataupun bagi anda yang belum mengerti caranya. Kursus desain infografis secara langsung dapat meningkatkan Anda ke tingkat berikutnya. Kursus ini banyak diselenggarakan oleh lembaga pelatihan, salah satunya diselenggarakan oleh Kreasi Presentasi.

Di kreasi presentasi terdapat beberapa pilihan training yang bisa anda ikuti, mulai dari slide presentasi, infografis, hingga memvisualkan data.

5 – Learning by Doing

Source: freepik.com

Anda dapat membaca semua tips dan melihat tutorial pembuatan infografis yang ada di internet, tetapi salah satu hal yang terbaik, yang dapat anda lakukan adalah melengkapi semuanya dengan mempraktikkan langsung. Pilih salah satu tema untuk anda buat menjadi tampilan infografis. Lalu coba anda share ke rekan anda atau ke audiens yang tertarik infografis secara online, agar anda mendapatkan masukan.

Dengan setiap infografis yang anda buat, anda akan memahami lebih banyak tentang kompleksitas media dan di bagian mana anda perlu mengasah ulang keterampilan anda

Nah itu tadi pembahasan terkait tips belajar infografis. Nantikan tulisan saya berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference