TIPS PRESENTASI EFEKTIF EPS.1

Source : bukalapak.com

Hampir setiap dari kita, sepertinya pernah berurusan dengan presentasi. Entah itu untuk menyampaikan materi dalam kelas, pertemuan sebuah komunitas, atau rapat bisnis perusahaan. Pasti ada momen di saat kita harus membuat presentasi di depan audiens. Karena itulah penting untuk mengetahui cara presentasi yang efektif.

Mengutip dari saintif.com, Presentasi merupakan proses penyampaian ide, produk baru atau hasil pekerjaan yang ditampilkan dan dijelaskan kepada audiens.

Selama presentasi, pasti anda ingin terlihat percaya diri, antusias, dan alami. Anda akan membutuhkan lebih dari sekedar kata-kata dan konten yang baik untuk mencapai hal tersebut. Penyampaian presentasi merupakan hal yang dapat memainkan peran penting. Dimana ketika anda paham tujuan presentasi yang utama adalah menyampaikan informasi, meyakinkan pendengar, membuat pendengar melakukan suatu tindakan, dan menyampaikan suatu ide/gagasan. Maka penting anda memahami presentasi yang efektif

Pada artikel ini, saya akan membahas berbagai teknik yang dapat digunakan untuk menyampaikan presentasi yang efektif. Baik berikut tips presentasi efektif eps.1

Penyampaian presentasi yang efektif

Coba bayangkan apabila anda berada di antara penonton, apa yang akan:

  • Membuat Anda fokus dan mendengarkan
  • Membuat anda dapat mengerti
  • Mengaktifkan imajinasi anda
  • Membujuk anda / call to action

Memberikan informasi yang menarik perhatian kepada audiens saja tidak cukup, untuk mencapai tujuan diatas – Anda perlu memastikan bahwa cara presentasi Anda menstimulasi dan menarik. Jika tidak, Anda akan kehilangan minat audiens dan mereka akan berhenti mendengarkan.

Teknik penyampaian presentasi efektif

Pembicara publik profesional menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat dan mempraktikkan presentasi. Ini adalah teknik penyampaian yang mereka pertimbangkan:

1 – Tetap sederhana

Anda tidak boleh membanjiri audiens dengan informasi yang terlalu berlebihan dan bertele-tele. Pastikan penyampaian anda jelas, ringkas dan langsung to do point atau ke intinya sehingga audiens mampu memahami pesan yang anda sampaikan.

Perlu anda gunakan maksimal tiga poin utama dan nyatakan di awal, sebelum anda menjelaskannya lebih dalam, dan kemudian nyatakan di akhir sehingga audiens setidaknya akan mengingat poin utama tadi. Apabila ada konten anda yang tidak terhubung pasa pesan utama anda, Hentikan. Hindari juga menggunakan terlalu banyak statistik dan terminologi teknis

2 – Terhubunglah dengan audiens

Source : minutes.co

Salah satu kesulitan terbesar saat menyampaikan presentasi adalah terkait tentang memahami audiens. Jika anda tidak terhubung dengan mereka, anda akan terlihat seperti sedang berbicara dengan ruangan kosong. Mencoba membuat kontak dengan audiens menjadikan audiens merasa menjadi bagian dalam presentasi yang mendorong mereka untuk mendengarkan, dan itu menunjukkan bahwa anda ingin berbicara dengan mereka.

3 – Buat kontak mata dan senyum

Source : earth.com/

Ketika anda menghindari kontak mata dengan audiens, yang mungkin anda menganggap ketika kontak mata dilakukan dengan audiens, membuat posisi anda tidak aman. Namun justru sebaliknya, ketika anda mempertahankan kontak mata, audiens merasa seperti anda seperti berbicara kepada mereka secara pribadi.

Jika kontak mata adalah masalah yang anda hadapi, cobalah melihat dahi para audiens anda sehingga memberi kesan melakukan kontak mata. Cobalah untuk menutupi semua bagian dari audiens dan jangan beralih ke orang berikutnya terlalu cepat karena anda akan terlihat gugup.

Sebuah senyuman juga sangat membantu hubungan baik dan mengurangi rasa gugup. Jika anda menghilangkan sebuah senyuman, maka akan terasa kurang seperti anda sedang berbicara dengan sekelompok orang tanpa wajah. Pastikan anda tidak terlalu mematikan lampu panggung sebelum presentasi sehingga anda dan audiens dapat melihat satu sama lain dengan jelas.

4 – Perhatikan bahasa tubuh

Waspadai bahasa tubuh yang anda gunakan untuk terhubung dengan audiens:

  • Jagalah agar lengan Anda tidak menyilang sehingga bahasa tubuh Anda lebih terbuka .
  • Cocokkan ekspresi wajah Anda dengan apa yang Anda katakan.
  • Variasikan gerakan Anda agar tidak terlihat seperti robot.
  • Pertahankan postur tubuh yang lurus
  • Hindari gelisah dan menunjukkan kebiasaan gugup, seperti mengayun-ayunkan kaki Anda.
  • Anda mungkin perlu melihat sekilas pada slide komputer atau alat bantu visual, tetapi pastikan Anda lebih banyak menghadap penonton.
  • Tekankan poin dengan menggunakan gerakan tangan tetapi gunakan dengan hemat – terlalu sedikit dan poin tersebut akan dengan canggung duduk di samping Anda, terlalu banyak dan Anda akan mengganggu dan terlihat gugup.
  • Waspadai apabila ada perbedaan budaya .

5 – Bergeraklah disekitar audiens

Hindari berdiri di belakang podium atau komputer, karena anda perlu mengurangi jarak dan pembatas antara anda dengan audiens. Gunakan gerakan untuk meningkatkan minat audiens dan membuatnya lebih mudah untuk mengikuti presentasi anda.

Teknik umum untuk memasukkan gerakan ke dalam presentasi Anda adalah dengan:

  • Mulailah perkenalan Anda dengan berdiri di tengah panggung.
  • Untuk poin pertama Anda, Anda berdiri di sisi kiri panggung.
  • Ketika anda mendiskusikan poin kedua Anda bergerak ke tengah lagi.
  • Setelah itu itu anda berdiri di sisi kanan panggung untuk poin ketiga Anda.
  • Dan berikan kesimpulan yang terjadi di tengah podium.

Nah itu tadi pembahasan pertama terkait tips presentasi efektif eps.1. Nantikan tips presentasi efektif episode berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

https://virtualspeech.com/blog/deliver-effective-presentation

5 thoughts on “TIPS PRESENTASI EFEKTIF EPS.1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s