MENGENAL TABLEAU SOFTWARE

Source :tblsft.com

Software Business Intelligence adalah software yang biasa dipakai untuk menganalisa dan melakukan visualisasi untuk data, yang memiliki jumlah sangat banyak. Data yang mampu untuk divisualisasikan beragam jenisnya. Visualisasi data dapat digunakan untuk pengambilan keputusan (decision making).

Tableau merupakan salah satu software Business Intelligence yang populer. Tableau dapat dengan mudah digunakan dan melakukan analisa data dengan cepat. Software ini hadir pada tahun 2003. Kemudian berkembang di Indonesia pada tahun 2009. Tableau menyediakan dashboard, story point, pencarian BI, integrasi spreadsheet, dan lainnya. Sehingga tidak heran jika software ini menjadi andalan para BI.

Nah, pada pembahasan kali ini kita akan mengenal Tableau software. Berikut pembahasannya

KENAPA HARUS TABLEAU?

Source : intellipaat.com

Kenapa harus menggunakan software Tableau ketika ada banyak software yang tersedia untuk melakukan visualisasi data?. Tableau merupakan software visualisasi data yang trending. Hal tersebut dibuktikan dengan cara mencari kata kunci tableau di google trends di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa grafik dari hasil pencarian di google trends

1 – Hasil tren pencarian seluruh dunia (2004 – sekarang)

Link : disini

Source : pribadi

2 – Hasil tren pencarian seluruh dunia (5 tahun terakhir)

Link : disini

Source : pribadi

3 – Hasil tren pencarian seluruh dunia (12 bulan terakhir)

Link : disini

Source : pribadi

Alasan lain adalah Tableau sangat mudah digunakan, tidak perlu memahami pemrograman, dan data dapat dianalisis dengan sangat cepat dengannya. Selain itu, visualisasi dibuat sebagai dasbor dan lembar kerja. Tableau memungkinkan seseorang membuat dasbor yang memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Tableau digunakan untuk mengeksplorasi data dengan analitik visual tanpa batas. Tableau juga memiliki fitur presentation mode, yang memudahkan sesorang untuk mempresentasikan data yang telah divisualisasikan, seperti halnya pada power point

BAGAIMANA CARA KERJA TABLEAU?

Source : www.tableaufit.com

Tableau menghubungkan dan mengekstrak data yang disimpan di berbagai tempat. Itu dapat menarik data dari platform apa pun. Misal data dari excel, pdf, hingga database yang kompleks seperti Oracle, database di cloud seperti layanan web Amazon, database Microsoft Azure SQL, Google Cloud SQL dan berbagai sumber data lainnya dapat diekstraksi oleh Tableau.

Ketika Tableau diluncurkan, konektor data siap tersedia yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke database apa pun. Bergantung pada versi Tableau yang telah Anda beli, jumlah konektor data yang didukung oleh Tableau dapat bervariasi.

Data yang ditarik dapat dihubungkan langsung atau diekstraksi ke Tableau. Di sinilah Data analyst, data engineer bekerja dengan data yang ditarik dan mengembangkan visualisasi. Dasbor yang dibuat dibagikan dengan pengguna lain

Data dari Desktop Tableau dapat dipublikasikan ke Tableau Server. Ini adalah platform perusahaan di mana kolaborasi, distribusi, tata kelola, model keamanan, fitur otomatisasi didukung. Dengan Tableau Server, pengguna dapat memiliki pengalaman yang lebih baik dalam mengakses file dari semua lokasi baik itu desktop, smartphone atau email.

Untuk perbedaan excel dan tableau sudah saya bahas di artikel saya sebelumnya, silahkan Anda lihat untuk mengetahui perbedaannya. Link –> INI

PRODUK-PRODUK TABLEAU

Source : public.tableau.com

Tableau memiliki beberapa produk. dan berikut daftar produk Tableau

  • Tableau Desktop
  • Tableau Prep
  • Tableau Server & Online
  • Tableau Mobile
  • Tableau Public (FREE). Anda bisa melihat tutorial saya untuk instalasi Tableau Public ini. di LINK DISINI

Bagi Anda yang ingin belajar lebih dalam tentang tableau, saya sudah menuliskan langkah-langkah untuk mempelajari tableau. LINK DISINI.

Namun bagi Anda yang membutuhkan pelatihan lebih mendalam Anda bisa berkunjung ke salah satu situs yang menjadi rujukan saya. LINK DISINI.

Nah itu tadi pembahasan terkait mengenal tableau software. Nantikan tulisan saya berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s