5 TEKNIK PRESENTASI MENGGUNAKAN POWERPOINT

Source : Unsplash.com

Ada sekitar 30 juta presentasi Powerpoint yang dibuat setiap harinya. Powerpoint telah menjadi bagian penting dari sebuah presentasi. Powerpoint tidak hanya tentang bagaimana Anda mendesain dan membuat slide. Lebih dari itu semua.

Bagian terpenting adalah bagaimana menyampaikan presentasi PowerPoint Anda. Jika disampaikan secara tidak benar, maka Anda seperti mengantar audiens dalam keadaan koma, terlepas  desain slide presentasi Anda luar biasa. Namun, jika disampaikan dengan benar, Anda akan mendapatkan perhatian dan tingkat energi positif yang tinggi selama presentasi berlangsung.

Nah kali ini saya akan membahas 5 teknik presentasi menggunakan powerpoint yang saya rujuk dari buku How to Avoid Death By Powerpoint karya David JP Phillips. Apa saja teknik presentasinya. Berikut pembahasannya:

1– Berikan lampu Pencahayaan yang baik.

Source : Unsplash.com

Meski lampu pada layar proyektor sangat bagus, tetapi tetap saja ketika Anda presentasi berikan pencahayaan yang baik. Biarkan lampu menyala dan jaga agar ruangan presentasi Anda tetap terang. Ini membantu audiens untuk focus terhadap presentasi Anda, dan tidak memberi celah audiens untuk tertidur

2 – Tatap mata audiens

Source : Unsplash.com

Mata sering disebut sebagai cermin jiwa. Kita sering kali menghindari kontak mata dengan audiens. Kita merasa tidak yakin, tidak tertarik, takut dan bahkan merasa kurang pantas berada di atas panggung preentasi. Padahal tatapan mata Anda sangatlah penting dan harus difokuskan 98% saat presentasi berlangsung. Anda perlu melatih dan memberanikan diri untuk menatap mata audiens saat presentasi berlangsung

3 – Gunakan Remote Control

Source : Unsplash.com

Bahasa tubuh dapat menginformasikan seberapa besar kredibilitas Anda. Dengan membatasi gerak tubuh, maka akan menghalangi kemampuan Anda untuk menyampaikan pesan dan presentasi Anda secara keseluruhan. Jadi Anda perlu investasikan sejumlah kecil uang untuk membeli remote control presentasi, yang dapat memungkinkan Anda untuk berdiri, berjalan-jalan, dan menjadi semanis yang Anda inginkan. Biarkan kombinasi ribuan Gerakan. Bagi Anda yang menginginkan fungsionalitas terbaik, belilah remote control presentasi dengan jaringan radio 2,4 GHz.

4 – Hindari penggunaan laser pointer

Kenapa?. Jika Anda menggunakan laser pointer. Anda seolah-olah seperti mengasingkan audiens. Anda secara tidak sadar, menghadap ke layer screen dibelakang Anda, dan memunggungi audiens.

Buatlah Powerpoint Anda dengan lebih jelas dan jika Anda masih membutuhkan sebuah penunjuk, Gunakanlah tubuh Anda. Arahkan dengan tangan dan lengan Anda. Anda mungkin bisa menonton video Hans Rosling sebagai referensi

The best stats you’ve ever seen | Hans Rosling

5 – Anda adalah presentasi

Source : Unsplash.com

Fakta yang tidak dapat disangkal adalah bahwa PowerPoint tidak akan pernah menjadi presentasi. Powerpoin hanya akan selalu menjadi alat bantu visual kecil yang menyertai. Anda, selalu, dan akan selalu menjadi inti dari presentasi. Bahkan dimasa mendatang dengan teknologi yang semakin berkembang.

Audiens ingin melihat Anda. Dan jika Anda memilih untuk tidak melihat mereka, langkah maju yang baik adalah menghadiri kursus keterampilan presentasi atau berbicara di depan umum. Jangan bersembunyi di balik PowerPoint Anda karena pesan Anda tidak akan pernah, tersampaikan dengan jelas, meyakinkan dan kredibel.

Jangan bersembunyi sebagai presenter. Libatkan selalu audiens. Anda adalah presentasi, menjadi dan pusat perhatian. PowerPoint akan selalu menjadi alat bantu visual. Tidak lebih.

Nah itu tadi pembahasan terkait 5 teknik presentasi menggunakan powerpoint. Nantikan tulisan saya berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

2 thoughts on “5 TEKNIK PRESENTASI MENGGUNAKAN POWERPOINT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s