7 PRINSIP MENDESAIN DASBOR TABLEAU

source: tableau.com

Salah satu software Business Intelligence yang paling tren dan menjadi leader dari para software BI adalah Tableau. Hal ini berdasarkan penelitian dengan topik Magic Quadrant for Analytics and Business Intelligence Platforms, yang dibuat oleh Gartner.Inc. Perusahaan riset teknologi informasi, yang bermarkas di Stamford Amerika Serikat.

Dalam software tableau, untuk membuat sebuah grafik, dasbor, hingga story point untuk presentasi sangatlah mudah. Namun karena kemudahannya itu, kadang kita sering mengesampingkan estetika desain dalam sebuah dasbor.

Nah pada artikel kali ini saya merujuk tulisan Andy Cotgreave. Dia adalah seorang visual analytics expert dan salah satu penulis buku “The Big Book of Dashboards”. Pasti Anda sudah tidak sabar ya?. Baik berikut pembahasan 7 prinsip mendesain dasbor tableau

1- Perbanyak Inspirasi

source: tableau.com

Austin Kleon, penulis Steal Like an Artist, mendorong kita untuk mencari inspirasi dari orang lain. Hal ini berlaku dalam mendesain sebuah dasbor. Anda perlu lebih meningkatkan kreatifitas. Sebuah kreatifitas dapat ditingkatkan dengan melihat inspirasi dari sebanyak mungkin sumber.

Anda dapat mengambil salah satu inspirasi dari dasbor laporan keuangan yang dibuat Andy Kriebel. Andy mendesain ulang laporan keuangan karya Lindsay Poulter, yang dimana desain Lindsay diterapkan pada data transportasi umum.

Saat Anda melihat sebuah visualisasi dasbor yang bagus, coba cek dan amati aspek apapun yang dapat meningkatkan kreatifitas Anda dalam mendesain dasbor tableau.

2- Hindari Clutter pada Dasbor

source: tableau.com

Mungkin saat pertama kali Anda mulai membuat sebuah dasbor, Anda akan mencoba untuk memasukkan setiap diagram atau pun grafik ke dalam dasbor. Hindari terlalu banyak memasukkan elemen-elemen pengganggu ke dalam dasbor Anda.

Trik yang tepat adalah menghapus sebanyak mungkin elemen-elemen pengganggu dasbor. Anda juga perlu membuat dasbor Anda simple dan mudah dipahami oleh audiens Anda. Jangan menumpuk lebih dari satu grafik ke dalam satu worksheet, karena akan berefek kepada dasbor Anda yang terasa penuh. Berikan selalu ruang untuk menambah kejelasan

3- Gunakan Grid Layout

source: tableau.com

Saat menempatkan sebuah objek pada dasbor, Anda perlu mempertimbangkan format tata letak objek atau yang biasa disebut Grid Layout. Dalam desain apapun termasuk dasbor tableau Anda pastika penggunaan Grid Layout ini.

Grid Layout membantu memberikan urutan membaca dasbor yang Anda buat. Ini memungkinkan audiens untuk memandu diri mereka sendiri melalu dasbor dengan cara yang dapat diprediksi dan logis. Anda dapat menggunakan alur berbasis kolom atau baris untuk membuat narasi yang mengarahkan pengguna dari gambaran umum ke detail.

4- Pilih Font yang tepat

source: tableau.com

Tipografi  itu penting. Mungkin Anda ingin menggunakan banyak jenis dan ukuran font pada dasbor tableau. Namun jangan pernah melakukan hal demikian, karena itu membuat audiens tidak dapat focus dengan alur pada dasbor Anda. Tentukan hirarki yang jelas untuk tipografi, seperti pada gambar di atas.

Pada contoh gambar di atas, ada font level atas, menengah dan bawah. Tingkat menengah berwarna biru untuk memfokuskan perhatian audiens. Warna dapat menarik perhatian ke tingkat yang paling penting.

Mengurangi tingkat hirarki menjadi hanya yang paling diperlukan, dapat mengurangi kebingungan audiens Anda. Maka, warna adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan focus Audiens Anda.

5- Sederhanakan penggunaan warna

source: tableau.com

Mungkin Anda sering melihat desain grafis yang terlihat penuh dengan warna. Dalam dasbor tableau warna adalaah salah satu hal paling menggoda untuk dimainkan saat mendesain dasbor. Kita mungkin mengira seperti bagus, ketika membuat segala sesuatunya penuh warna-warni. Tetapi penggunaan warna yang terlalu banyak tidak akan mampu menambah nilai

Anda harus memilih warna pada dasbor Anda, dan alasan apa Anda memilih warna tertentu. Serta apa yang dapat dikomunikasikan kepada audiens dengan warna yang Anda pilih?. Jika Anda belum mampu menjawab pertanyaan ini. Andy Cotgreave menyarankan Anda menghapus warna yang terlalu ramai.

Ingatlah bahwa 8% pria memiliki defisiensi penglihatan warna atau yang biasa disebut color-vision deficiency (CVD). Pilih palet yang berfungsi dengan baik dan dapat digunakan secara universal. Warna-warna yang disarankan untuk Anda menghindarinya adalah warna Merah dan Hijau,  atau setidaknya pilih warna merah / hijau yang bisa dilihat oleh penderita CVD. Untuk menyelami lebih dalam, tinjau praktik terbaik Tableau untuk warna.

6- Hindari mengubur fakta

source: tableau.com

Hal terpenting dalam mendesain sebuah dasbor di tableau adalah jangan mengubur fakta dalam grafik. Tunjukkan fakta dengan lantang dan bangga. Caranya adalah memperbesar tulisan angka yang ingin ditampilkan

Teknik ini dapat mmberikan informasi paling penting kepada audiens, dan grafik akan dapat memberikan penjelasan konteks lebih lanjut.

7- Kolaborasi dan Ulangi

source: tableau.com

Tidak ada dasbor yang benar pada saat pertama kali membuat. Lakukan selalu pengulangan dalam mendesain sebuah dasbor, sehingga skill dan feeling Anda akan terasah dengan sendirinya. Pendapat orang lain akan dapat memberikan perspektif yang segar.

Anda juga dapat bergabung dengan Komunitas Pengguna Tableau untuk bertanya dan menjawab pertanyaan di forum. Anda pun bisa bergabung dalam #MakeoverMonday

Nah itu tadi pembahasan terkait 7 prinsip mendesain dasbor tableau. Nantikan tulisan saya berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s