5 LANGKAH MODIFIKASI TEMA POWERPOINT

Source: graphicmama.com

Powerpoint adalah sebuah program komputer atau software buatan Microsoft. Aplikasi ini pertama kali dirancang dan dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin pada tahun 1987. Powerpoint hampir setiap tiga tahun sekali melakukan update.

Powerpoint umumnya digunakan untuk keperluan presentasi. Tahukah Anda, bahwa powerpoint 2013 keatas, hinga tipe 365 telah memberikan fitur-fitur yang luar biasa. Fitur powerpoint baik dari segi animasi, transisi, hingga untuk keperluaan desain grafis sampai ketingkat videografis.

Nah bagi Anda yang merasa powerpoint yang digunakan hanya begitu-begitu saja. Pada artikel kali ini, saya berikan 5 langkah modifikasi tema powerpoint. Berikut caranya:

A- Cara memilih tema warna powerpoint

Jika Anda tidak menyukai warna tema deafultnya, maka powerpoint memberikan opsi atau beberapa pilihan warna tema yang telah disediakan oleh tim designer powerpoint, dan mungkin cocok untuk Anda. Berikut langkah-langkahnya:

1- Pada tab Design, pilih panah drop-down di grup Variants dan pilih Colors

2- Pilih warna tema yang diinginkan

3- Setiap slide powerpoint akan mengikuti pilihan warna tema yang Anda pilih.

B- Cara meng-customize tema warna powerpoint

Terkadang Anda bisa saja tidak menyukai setiap tema warna yang telah dibuat tim designer powerpoint. Tidak perlu khawatir karena powerpoint juga dapat memberikan Anda pilihan untuk meng-customize tema warna buatan Anda sendiri. Bagaimana caranya?. Berikut step-step untuk meng-customize tema warna powerpoint.

1- Pada tab Design, pilih panah drop-down di grup Variants.

2- Pilih Colors, lalu kli Customize Colors

3- Sebuah kotak dialog akan muncul dengan 12 warna tema default. Bagi Anda yang ingin mengedit warna, klik panah drop-down masing-masing warna dan pilih warna yang Anda inginkan. Anda mungkin perlu mengklik More Colors untuk menemukan warna yang Anda inginkan. Saya menyarankan Anda untuk berkunjung ke situs penyedia color pallete, seperti color adobe, coolors.co dan situs penyedia color pallete lainnya

4- Terakhir pada kolom Name; ketik nama sesuai keinginan Anda untuk menyimpan tema warna, dan klik Save

C- Cara memodifikasi tema font powerpoint

Jika Anda memiliki font khusus yang telah Anda download dari situs penyedia font semisal dafont, google font dan yang lainnya. Anda bisa menjadikannya sebagai tema font Anda sendiri. Nah, berikut cara untuk menjadikannya tema font:

1- Pada tab Design, klik panah drop-down di grup Variants.

2- Pilih Font, lalu pilih Customize Fonts

3- Kotak dialog akan muncul dengan dua font tema default. Untuk mengubah font, klik panah drop-down dan pilih font yang diinginkan.

4- Pada kolom Name; ketikkan nama sesuai yang Anda inginkan untuk tema font Anda, kemudian klik Save.

5- Powerpoint akan memperbarui untuk menampilkan font tema kustom yang Anda buat.

6- Untuk informasi tambahan, mengubah tema font tidak akan selalu memperbarui semua teks dalam presentasi Anda. Hanya teks yang menggunakan font tema default yang akan diperbarui saat Anda mengubah tema font.

D- Cara memodifikasi background style powerpoint

Untuk menyesuaikan slide presentasi Anda lebih lanjut, Anda dapat merubah background color dengan memilih background style yang berbeda. Background style yang tersedia akan bervarias tergantung pada tema saat ini. Bagi Anda yang ingin merubahnya, tidak perlu khawatir. Saya berikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

1- Pada tab Design, klik panah drop-down di grup Variants.

2- Pilih Background Style

3- Pilih style sesuai keinginan Anda. Style yang tersedia akan berubah tergantung warna tema yang Anda pilih

4- Background baru akan muncul di setiap slide presentasi Anda.

5- Jika Anda ingin lebih mengubah background, klik perintah Format Background pada tab Design

E- Cara menyimpan tema baru powerpoint

Setelah Anda selesai mengedit seluruh warna tema pada powerpoint sesuai keinginan. Anda mungkin ingin menyimpan tema sehingga Anda dapat menggunakannya dalam presentasi Anda yang lain. Nah powerpoint, bisa melakukannya, berikut cara menyimpan tema baru powerpoint:

1- Pada tab Design, klik panah drop-down di grup Themes

2- Klik Save Current Theme

3- Ketika kotak dialog muncul. Ketikan nama file, sesuai yang keinginan Anda, lalu klik Save

4- Saat Anda mengklik panah drop-down di grup Themes, Anda akan melihat tema kustom dibawah blok Custom.

5- Untuk tambahan informasi bahwa Custom themes memiliki fitur unik dan hebat lainnya yakni: Custom themes apapun yang Anda simpan di Powerpoint sebenarnya dapat digunakan di aplikasi Microsoft Office lainnya, semisal Word dan Excel

Nah itu tadi pembahasan terkait 5 langkah modifikasi tema powerpoint. Nantikan tulisan saya berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference