BAGAIMANA MENGGABUNGKAN DATA DI TABLEAU?

Saat Anda sedang melakukan analisis data atau mungkin sedang memvisualisasikan data, sering kali terdiri dari beberapa kumpulan sheet excel atau tabel data. Maka, penggabungan data merupakan metode yang tepat untuk mengkombinasikan beberapa data berdasarkan sebuah kategori tertentu.

Nah, lalu bagaimana menggabungkan data di tableau?. Tidak perlu khawatir karena Tableau yang merupakan salah satu Software Business Intelligence menyediakan fitur untuk menggabungkan data dari beberapa tabel ataupun kumpulan data.

Baik langsung saja berikut pembahasan bagaimana menggabungkan data di tableau.

Contoh Kasus Penggabungan Data

Berikut ini merupakan contoh yang saya tulis ulang dari situs resmi tableau.com. Misalnya, Anda ingin menganalisa data untuk sebuah penerbit. Penerbit mungkin memiliki dua tabel.

Tabel pertama berisikan nomor ID, Nama Pertama, Nama Belakang, dan tipe publikasi. Sedangkan tabel kedua berisikan nomor ID, Harga, Royalti dan Judul Buku.

IDNama DepanNama BelakangTipe Publikasi
20034AdamDavisIndependen
20165AshleyGarciaBesar
20233SusanNguyenKecil
Tabel 1
Judul BukuHarga ($)Royalti ($)ID
Weather in the Alps19.995,000
20165
My Physics8.993,50020800
The Magic Shoe Lace15.997,00020034
Tabel 2

Dari contoh diatas untuk menganalisa kedua tabel ini bersama-sama, Anda dapat menggabungkan tabel pada ID untuk menjawab pertanyaan seperti ini, “Berapa pembayaran royalti untuk penulis dari penerbit tertentu?. dengan menggabungkan tabel menggunakan fitur join di tableau, Anda dapat menampilkan dan menggunakan data terkait dari tabel yang berbeda dalam analisa Anda.

IDNama DepanNama BelakangTipe PublikasiJudul BukuHarga ($)Royalti ($)
20034AdamDavisIndependenThe Magic Shoe Lace15.997,000
20165AshleyGarciaBesarWeather in the Alps19.995,000
Tabel Gabungan 1 + 2

Gambaran Umum Jenis Penggabungan Data di Tableau

Secara umum, di dalam Tableau software, ada empat jenis penggabungan data. Jenis penggabungan data pada tableau antara lain, inner, left, right dan full outer. Tabel yang bisa Anda gabungkan bergantung pada database atau file yang Anda connect.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang penggabungan data.

1- Inner

Saat Anda menggunakan jenis penggabungan Inner maka tabel yang berisi nilai yang memiliki kecocokan antara kedua tabellah yang akan digabungkan

2- Left

Saat Anda menggunakan jenis penggabungan Left maka tabel yang berada dikiri, semua nilai akan dipertahankan, sedangkan tabel yang berada dikanan akan dipilih nilai yang sama dengan tabel sebelah kiri.

Jika tabel pada sebelah kanan tidak memiliki kecocokan nilai dengan tabel yang berada di kiri. Maka nilai pada tabel sebelah kanan adalah Null.

3- Right

Penggabungan data jenis Right adalah kebalikan dari penggabungan data jenis Left. Itu berarti semua nilai pada tabel sebelah kanan akan dipertahankan. Sedangkan tabel yang berada di kiri akan dipilih nilai yang sama dnegan tabel sebelah kanan.

Itu juga berlaku ketika tabel sebelah kiri tiak memiliki kecocokan nilai dengan tabel yang berada di sebelah kanan. Maka nilai pada tabel sebelah kiri adalah Null

4- Full Outer

Penggabungan data jenis Full Outer membuat data yang digabungkan berisi semua nilai dari kedua tabel. Jika nilai dari salah satu tabel tidak memiliki kecocokan dengan tabel lainnya, maka Anda akan melihat nilai null

Step-step Menggabungkan Data di Tableau

Tadi kita mengerti jenis penggabungan data di tableau. Nah, berikutadalah step-step untuk menggabungkan data Anda

1- Pada Tableau Software: pada halaman awal, dibawah tab Connect , pilih data yang akan Anda gunakan.

2- Pilih file dan kemudian double klik atau dra tabel ke tulisan Drag tables here.

3- Double klik atau klik kanan dan pilih Open… pada tabel yang telah ditaruh di canvas. Itu berfungsi untuk membuka data dan menyiapkan untuk penggabungan data

4- Double klik atau drag tabel yang lain untuk dilakukan penggabungan data. Kemudian join icon, dan pilih jenis penggabungan data.

5- Tambahkan satu atau beberapa klausa gabungan dengan memilih bidang dari salah satu tabel yang tersedia. Misal dalam sumber data yang memiliki tabel informasi pesanan dan yang lain untuk informasi pengembalian, Anda bisa menggunakan jenis gabungan Inner untuk menggabungkan dua tabel berdasarkan bidang ID Order, yang ada di kedua tabel.

6- Setelah Anda selesai menggabungkan data tutup kotak dialog penggabungan

Nah itu tadi pembahasan terkait bagaimana menggabungkan data di tableau. Nantikan tulisan saya berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s