DISCRETE DAN CONTINUOUS (TABLEAU)

Tableau mengklasifikasikan setiap bidang yang digunakan menjadi dua yakni sebagai diskrit atau kontinu. Klasifikasi ini berdampak pada jenis visualisasi yang dapat Anda buat serta tampilannya, jadi pemahaman yang baik tentang arti perbedaan ini adalah inti pemahaman Anda tentang bagaimana Tableau melihat data Anda.

Agar kita mengetahui apakah suatu bidang digunakan sebagai diskrit atau kontinu adalah dengan berdasarkan warnanya. Biru menunjukkan bahwa bidang tersebut discrete, sedangkan hijau menunjukkan bahwa bidang tersebut continuous.

Secara default, dimensions dikategorikan sebagai variabel discrete, dan karenanya memiliki ikon biru kecil di depannya di area Dimensi pada panel Data. Sedangkan measures dikategorikan sebagai variabel continuous, sehingga diawali dengan ikon hijau di area Pengukuran pada panel Data.

Warna mengidentifikasikan bidang discrete atau continuous dan bukan tentang dimension atau measure. Kenapa?, karena measures sebenarnya dapat digunakan sebagai bidang discrete atau bidang continuous, dan hal yang sama berlaku untuk beberapa dimensions, seperti tanggal

VISUALISASI BIDANG DISCRETE DAN CONTINUOUS

Pada visualiasi pertama di bawah ini, melihat penjualan berdasarkan bulan. Chart di bawah menggunakan tanggal sebagai bidang discrete. Perhatikan bahwa setiap header terpisah pada setiap bulan

Sedangkan pada visualisasi kedua dibawah ini, meski data yang digunakan sama persis dengan visualisasi pertama. Chartnya berubah karena dimensi tanggal dari discrete diubah menjadi continuous

Pada sumbu continuous, kita tidak dapat mengubah urutan tanggal; mereka mengikuti urutan kronologis dari tanggal terlama di sebelah kiri hingga tanggal terbaru di sebelah kanan.

Di sisi lain, ketika dimensi Tanggal digunakan sebagai discrete seperti yang digambarkan pada visualisasi pertama, Anda dapat mengubah urutan tanggal. Misalnya, Anda dapat mengurutkan batang dalam urutan menurun, dengan bulan dengan penjualan tertinggi terlebih dahulu, dan bulan dengan penjualan terendah terakhir.

Bidang discrete dapat diurutkan; sedangkan bidang continuous tidak dapat diurutkan

penggunaan BIDANG DISCRETE DAN CONTINUOUS

Jadi bagaimana Anda bisa menggunakannya. Jika Anda mengetahui bahwa Anda ingin melihat tren selama periode waktu yang berkelanjutan, Anda dapat menggunakan tanggal sebagai bidang continuous, yang akan diberi warna hijau pada tampilan. Jika analisis mengharuskan Anda memiliki tanda diskrit yang dapat diurutkan, Anda dapat menggunakan tanggal sebagai discrete, yang akan diberi warna biru pada tampilan.

Contoh tanggal ini hanyalah salah satu dari banyak kemungkinan, tetapi mengingat dua aturan yang diuraikan dalam posting ini akan membantu Anda memahami bagaimana penggunaan bidang discrete dan continuous memengaruhi visualisasi data yang Anda buat di Tableau.

TENTANG BLUE FIELDS DAN GREEN FIELDS

Tableau merepresentasikan data secara berbeda dalam tampilan tergantung pada apakah bidangnya diskrit (biru), atau kontinu (hijau). Kontinu dan diskrit adalah istilah matematika. Kontinu berarti “membentuk keseluruhan yang tidak terputus, tanpa interupsi“; diskrit berarti “terpisah dan berbeda secara individual.”. Berikut penjelasan Green fieldss dan Blue fields

  • Green measures Profit dan dimensions dari Tahun bersifat kontinu. Nilai continuous field diperlakukan sebagai rentang tak terbatas.
  • Blue measures Profit dan dimensions dari Tahun bersifat diskrit. Nilai diskrit diperlakukan sebagai terbatas. 

Kemungkinan kombinasi bidang di Tableau

Tabel ini menunjukkan contoh tampilan bidang yang berbeda dalam tampilan. Orang terkadang menyebut bidang ini “pil”, tetapi kami menyebutnya sebagai “bidang” dalam dokumentasi bantuan Tableau.

Discrete Dimensions
Continuous Dimensions (dimensi dengan tipe data String atau Boolean tidak dapat kontinu)
Discrete Measures
Continuous Measures

Sangat penting untuk dicatat bahwa continuous dan discrete adalah konsep yang berbeda dari measure dan dimensions. Meskipun sebagian besar dimensions adalah discrete secara default, dan dan sebagian besar measure adalah continuous secara default, dimungkinkan untuk menggunakan measure apa pun sebagai bidang discrete dan beberapa dimensions sebagai bidang continuous dalam tampilan, seperti yang ditampilkan di sini:

Nah itu tadi pembahasan terkait discrete dan continuous (tableau). Bagi Anda yang membutuhkan tulisan terkait dimensions dan measure lebih lanjut bisa cek ke tulisan saya berikutnya ya di. LINK INI.

Nantikan tulisan saya berikutnya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s