MENGENAL BIG DATA

Kalau kita membahas tentang big data, kita akan mengetahui bahwa big data merupakan bidang yang digunakan untuk analisis, pemrosesan dan penyimpanan kumpulan data besar yang sering kali berasal dari sumber yang berbeda. Bi data biasanya diperlukan saat analisis data tradisional, teknologi dan teknik pemrosesan dan penyimpanan tidak mencukupi. Big data mampu menangani persyaratan yang berbeda, seperti penggabungan beberapa kumpulan data yang tidak ada hubungannya sama sekali, dan pemrosesan data yang tidak terstruktur dalam jumlah besar.

Big data muncul sebagai disiplin baru, dan telah berkembang selama bertahun-tahun. Ilmu tentang big data pun telah berkembang pesat sekarang. Selain pendekatan analitik tradisional berdasarkan statistik, Big Data menambahkan teknik baru yang memanfaatkan sumber daya komputasi dan pengdekatan untuk mengekseskusi algoritma analitik. Ini penting ketika kumpulan data terus menjadi lebih besar, lebih beragam dan lebih kompleks. Kemajuan dalam ilmu komputasi telah memungkinkan pemrosesan seluruh kumpulan data.

Tiga puluh tahun yang lalu, satu gigabyte data adalah sesuatu yang besar sekali, namun sekarang, satu gigabyte data sudah biasa dan dapat dengan mudah dikirim, diproses, dan disimpan di perangkat elektronik kita seperti laptop, tablet atau bahkan smartphone.

Data dalam lingkungan Big Data umumnya terakumulasi dari pengumpulan di dalam perusahaan melalui aplikasi, sensor, dan sumber eksternal. Data yang diproses oleh Big Data dapat digunakan oleh aplikasi perusahaan secara langsung atau dapat dimasukkan ke dalam data warehouse atau gudang data untuk memperkaya data yang ada di sana. Hasil yang diperoleh melalui pemrosesan Big Data dapat menghasilkan berbagai wawasan dan manfaat, seperti:

  • Prediksi yang akurat
  • Deteksi sebuah masalah
  • Catatan yang lebih rinci
  • Pengambilan keputusan yang lebih baik

Jelas, aplikasi dan manfaat big data sangat luas. Berikut agar memudahkan kita mengenal big data

KONSEP DAN TERMINOLOGI

Dalam mempelajari tentang big data, beberapa konsep dan istilah dasar perlu kita pahami bersama. berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam big data.

1- DATASETS

Kumpulan atau kelompok data yang terkait umumnya disebut sebagai dataset. Setiap grup atau anggota dari kumpulan data (datum), memiliki kumpulan atribut atau peroperti yang sama. Beberapa contoh tentang dataset dibawah ini:

  • tweet disimpan dalam file datar
  • kumpulan file gambar dalam sebuah direktori
  • ekstrak baris dari tabel database yang disimpan dalam file berformat CSV
  • pengamatan cuaca historis yang disimpan sebagai file XML

Gambar diatas menunjukkan tiga dataset berdasarkan tiga format data yang berbeda.

2- DATA ANALYSIS

merupakan proses memeriksa data untuk menemukan fakta, hubungan, pola, dan atau tren yang terjadi. Tujuan keseluruhan dari menganalisa data adalah untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

Contoh analisis data sederhana adalah analisis data penjualan es krim dengan tujuan untuk menentukan berapa jumlah kerucut es krim yang terjual dikaitkan dengan suhu harian. Hasil analisis tersebut akan mendukung keputusan terkait berapa banyak es krim yang harus dipesan sebuah toko terkait dengan informasi prakiraan cuaca. Melakukan analisis data membantu menetapkan pola dan hubungan di antara data yang dianalisis.

Gambar dibawah menunjukkan simbol yang digunakan untuk merepresentasikan analisis data.

3- DATA ANALYTICS

merupakan istilah yang lebih luas yang mencakup analisis data. Data analytics adalah disiplin ilmu yang mencakup pengelolaan lifecycle data, yang mencakup pengumpulan, pembersihan, pengorganisasian, penyimpanan, analisis, dan pengaturan data. Istilah tersebut mencakup pengembangan metode analisis, teknik ilmiah, dan alat otomatisasi.

Di lingkungan Big Data, data analytics telah mengembangkan metode yang memungkinkan analisis data terjadi melalui penggunaan teknologi dan kerangka kerja terdistribusi yang sangat skalabel yang mampu menganalisis data dalam jumlah besar dan dari sumber yang berbeda.

Gambar dibawah ini menunjukkan simbol yang digunakan untuk merepresentasikan analitik.

Pembahasan tentang data analytics lebih jauh, akan saya share di tulisan saya yang lainnya. So stay tune terus ya.

4- BUSINESS INTELLIGENCE (BI)

memungkinkan organisasi untuk mendapatkan wawasan tentang kinerja perusahaan dengan menganalisis data yang dihasilkan oleh proses bisnis dan sistem informasinya. Hasil analisis dapat digunakan oleh manajemen untuk mengarahkan bisnis dalam upaya memperbaiki masalah yang terdeteksi atau meningkatkan kinerja organisasi.

BI menerapkan analitik ke sejumlah besar data di seluruh perusahaan, yang biasanya telah digabungkan ke dalam gudang data perusahaan untuk menjalankan kueri analitik.

Seperti yang ditunjukkan pada Gambar dibawah ini, output BI dapat ditampilkan ke dasbor yang memungkinkan manajer untuk mengakses dan menganalisis hasil dan berpotensi menyempurnakan kueri analitik untuk mengeksplorasi data lebih lanjut.

Nah itu tadi pembahasan tentang mengenal big data. Nantikan tulisan saya berikutnya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s