BELAJAR DASAR POWER BI

Proses penemuan, pemodelan, dan visualisasi data menggunakan Microsoft Power BI dibuat sederhana dan elegan. Hal yang benar-benar menarik, adalah bahwa masalah pengembangan. Dulu membutuhkan waktu berminggu-minggu, dapat diselesaikan dalam solusi BI korporat, dengan hanya beberapa jam.

Power BI adalah Software as a Service (SaaS) atau Perangkat Lunak yang dijadikan sebagai layanan bersifat online. Saas juga disebut sebagai layanan aplikasi cloud. Karena itu tim produk Microsoft mengikuti strategi dari cloud first. Lebih dahulu saat mereka, mengembangkan dan menambahkan fitur baru ke produknya. Namun bukan berarti Power BI hanya tersedia di cloud. Microsoft menyajikan dua opsi untuk berbagi hasil kerja Anda dengan orang lain sebagai berikut.

  • Metode pertama yang paling sering digunakan adalah layanan Power BI yang dihosting di cloud. Dan tersedia bagi pengguna dengan biaya langganan bulanan yang rendah.
  • Opsi kedua adalah Server Laporan Power BI lokal. Dapat diperoleh melalui lisensi SQL Server Enterprise dengan Jaminan Perangkat Lunak atau tingkat langganan yang dikenal sebagai Power BI Premium.

Kedua solusi tersebut memerlukan alat pengembangan yang disebut Power BI Desktop, yang tersedia secara gratis. Dan di sinilah Anda harus mulai merancang solusi Anda.

Menggunakan aplikasi Power BI Desktop memungkinkan Anda menentukan penemuan data dan langkah persiapan data. Mengatur model data Anda, dan merancang visualisasi data yang menarik berdasarkan laporan Anda.

Memulai Power BI

Power BI Desktop tersedia secara gratis dan dapat ditemukan melalui tautan unduhan langsung di Power BI (https://powerbi.microsoft.com/). Atau dengan menginstalnya sebagai aplikasi dari Microsoft Store. Ada beberapa manfaat menggunakan aplikasi Microsoft Store Power BI. Yakni termasuk pembaruan otomatis, tidak ada persyaratan untuk admin privileges, dan mempermudah peluncuran TI Power BI yang direncanakan.

Berikut ini tampilan dari Microsoft Power BI

Dibawah ini penjelasan masing-masing dari gambar di atas.

  1. Get data: Digunakan untuk memilih konektor data dan mengonfigurasi detail sumber data.
  2. Transform data: Meluncurkan Power Query Editor, yang digunakan untuk menerapkan transformasi data ke data yang masuk.
  3. Report view: Kanvas laporan yang digunakan untuk mendesain visualisasi data. Ini adalah tampilan default yang terbuka saat Power BI Desktop diluncurkan.
  4. Data view: Memberikan tampilan data dalam model Anda. Ini terlihat mirip dengan spreadsheet Excel pada umumnya, tetapi ini hanya dapat dibaca.
  5. Model view: Terutama digunakan saat model data Anda memiliki beberapa tabel dan hubungan yang perlu ditentukan di antara keduanya.

Sekarang setelah Anda sedikit terbiasa dengan kontrol dasar dalam Power BI Desktop, mari kita mencoba menyambungkan ke sumber data.

Excel sebagai Sumber Data

Percaya atau tidak, Excel terus menjadi aplikasi paling populer di dunia dan, oleh karena itu, kita menggunakannya sebagai sumber data. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Untuk memulai, buka Power BI Desktop dan tutup layar pengaktifan jika muncul secara otomatis.
  2. Di bawah Home Ribbon, Anda akan menemukan bahwa tombol Get Data. Ini digunakan untuk memilih dan mengonfigurasi sumber data. Memilih panah bawah di samping tombol akan menunjukkan konektor data yang paling umum. Tetapi memilih bagian tengah tombol akan meluncurkan daftar lengkap semua konektor yang tersedia.
  3. Arahkan ke dan buka file bernama AdventureWorksDW.xlsx dari sumber daya book’s resources. Ini akan meluncurkan dialog Navigator, yang diperlihatkan pada gambar layar berikut. Ini digunakan untuk memilih objek di buku kerja Excel yang ingin Anda ambil datanya:

4. Dalam contoh ini, Anda dapat melihat enam spreadsheet terpisah yang dapat Anda pilih. Mengklik sekali pada nama spreadsheet akan memberi Anda pratinjau dari data yang disimpannya, sementara mengklik kotak centang di sebelah nama akan memasukkannya sebagai bagian dari impor data. Untuk contoh ini, centang kotak di samping semua objek yang tersedia, lalu perhatikan opsi yang tersedia di kanan bawah.

5. Memilih Load akan segera mengambil data dari spreadsheet yang dipilih dan mengimpornya sebagai tabel terpisah ke Power BI Anda. Memilih Transform Data akan meluncurkan jendela baru yang disebut Power Query Editor, yang memungkinkan Anda mengubah data Anda sebelum mengimpornya. cukup pilih Muat untuk mengakhiri contoh ini.

Nah itu tadi pembahasan tentang belajar dasar power bi. Nantikan tulisan saya berikutnya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s