APA ITU UX?

UX atau yang umum dikenal dengan istilah User Experience bukan merupakan hal baru. UX didefinisikan secara sederhana adalah pendekatan yang memungkinkan pengguna untuk menavigasikan sebuah situs web atau aplikasi dengan mudah.

UX menggabungkan elemen desain, psikologi, penelitian, teknologi, dan bisnis untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.

UX sangat penting dan tidak boleh diremehkan. Sekitar 30% orang tidak akan kembali ke situs Anda setelah menggunakan UX yang buruk. UX harus menjadi faktor penting dalam proses desain Anda.

source : orange crush

Pada artikel kali ini, saya akan coba membahas apa itu UX?. Nah berikut pembahasannya.

DEFINISI SEDERHANA

UX adalah kemampuan pengguna untuk menavigasi situs web, aplikasi, atau perangkat Anda dengan mempertimbangkan pikiran, perasaan, dan emosi yang mereka miliki selama pengalaman tersebut. Ini adalah cara mendesain yang berfokus pada manusia, dipimpin oleh pertanyaan: bagaimana orang akan berinteraksi dengan situs web atau aplikasi saya? Apakah mudah dinavigasi? Dapatkah saya menemukan apa yang saya inginkan? Apakah itu memuat dengan cepat? Apakah bahasanya mudah dipahami?

Istilah UX sebenarnya sudah ada sejak tahun 90 an, yang dicetuskan oleh seorang ilmuwan kognitif Apple, Don Norman. Norman mengatakan bahwa tujuan utama dari UX yang hebat adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara tepat. Aplikasi Starbucks melakukannya dengan sangat baik. Ini dirancang dengan sempurna untuk kesederhanaan dan personalisasi pengguna, memahami bahwa orang adalah makhluk yang memiliki kebiasaan, terutama ketika menyangkut pesanan kopi mereka, itulah sebabnya pengembang menyertakan tab ‘Terbaru’ sehingga Anda dapat mengulangi pesanan sebelumnya dengan cepat, dan menghindari pesanan penuh.

UX berada di posisi yang tepat antara teknologi, orang dan bisnis. Memahami pengguna dengan membangun empati, melalui penelitian pengguna, memahami tujuan bisnis dengan menyoroti nilai dan penggunaan setiap fitur, dan memahami teknologi, menggunakan alat terbaik untuk membuat desain yang efektif dan efisien bagi pengguna.

source : IDEO

MENGAPA UX PENTING

Sederhananya, UX menghemat waktu, uang dan tenaga organisasi Anda di setiap tahap proses desain, dan memberikan nilai jangka panjang bagi bisnis Anda. Meskipun UX sering dikaitkan dengan situs web, UX juga dapat diterapkan untuk aplikasi, atau jenis produk atau layanan apapun yang menimbulkan pengalaman tertentu.

UX menjawab 3 pertanyaan kunci:

  • Apakah mudah digunakan?
  • Apakah ini efisien?
  • Apakah ini ramah pengguna?

Menjawab pertanyaan ini dapat membantu Anda menemukan apa yang paling penting untuk bisnis Anda.

Mari bandingkan dua contoh UX dalam praktiknya, dengan platform pembelajaran bahasa (Rosetta Stone dan Duolingo), yang memiliki pendekatan yang sangat berbeda untuk pengguna baru mereka.

UX Duolingo membuatnya serasa ingin membantu Anda, dengan desain sederhana yang mudah dan memecah bahasa baru menjadi langkah-langkah kecil agar tidak terlalu menakutkan. Mudah digunakan, lancar, dan Anda dapat mulai belajar bahasa lain dalam beberapa menit.

source : Duolingo
source : Duolingo

Di sisi lain, Rosetta Stone yang lebih tradisional adalah puncak dalam platform pembelajaran bahasa untuk waktu yang lama, tetapi tidak menawarkan banyak keterlibatan. Itu condong ke pendekatan yang jauh lebih kaku dan tersembunyi di balik pay-wall, sedangkan aplikasi dasar Duolingo gratis. Berikut tampilan dari Rosetta Stone

source : Rosettastone

Koneksi emosional adalah alat ampuh lainnya dalam UX, bahkan orang yang paling logis dan rasional pun didorong oleh emosi, itulah yang membuat kita disebut manusia. Emosi digunakan di UX sepanjang waktu dan memengaruhi desain yang sangat bagus bila digunakan dengan benar.  Penting untuk memahami bagaimana menggunakan desain emosional di UX .

Nah itu tadi pembahasan tentang apa itu ux?. Nantikan tulisan saya berikutnya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s