3 TIPS PENTING MEMBUAT CHART

Dalam visualisasi data, ternyata terdapat beberapa aturan yang harus diketahui. Dengan memahami aturan tersebut, maka visualisasi Anda akan mampu menunjukkan pesan yang ingin disampaikan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan share 3 tips penting membuat chart. Tips ini dapat Anda gunakan di beberapa tools visualisasi data, seperti tableau, power bi ataupun tools yang lainnya. Berikut pembahasannya.

1- Bar Chart / Grafik batang harus dimulai dari 0

Grafik batang bergantung pada panjang untuk menampilkan data. Batang yang lebih pendek menunjukkan nilai yang lebih rendah, dan batang yang lebih panjang menunjukkan nilai yang lebih besar. Perbandingan panjang batang digunakan untuk membandingkan nilai. Begitulah cara kerjanya.

Saat Anda menggeser garis dasar atau kita sebut baseline, maka Anda akan mendistorsi visual.

Dalam contoh gambar di atas. Grafik batang pertama di sebelah kiri membandingkan nilai 50 dan 100, dan menggunakan garis dasar 0. Ini menandakan grafik batang ini sesuai dan tepat. Jika Anda, melihat grafik batang yang lain maka keempat grafik batang itu tidak mengikuti aturan dasar dalam visualisasi. Ini akan mengakibatkan pesannya terdistorsi.

Jadi baseline untuk grafik batang harus selalu dimulai dari 0.

Contoh lain, gambar dibawah ini berasal dari Fox News:

Jika Anda melihat pada gambar di atas. Pada 27 Maret nilai adalah 6.000.000. dan pada 27 maret nilainya adalah 7.066.000. Namun terdapat perbedaan yang jauh pada grafik batang tersebut. Ini jelas mendistorsi pesan dari visualisasi data itu.

2- Jangan berlebihan dengan irisan pie chart

Pie chart atau grafik lingkaran dapat bekerja dengan baik dengan beberapa irisan. Maka, hindari menggunakan terlalu banyak irisan, karena data akan sulit terbaca dan dipahami.

Hal ini berlaku juga untuk donut chart, seperti gambar di atas. Jika irisan 2 hingga 4 masih mudah dipahami. Namun, lebih dari 5 akan semakin sulit memahami data didalamnya.

Ingat, jangan berlebihan dengan irisan pie chart, karena pie chart tidak didesain untuk menampilkan data dalam jumlah banyak seperti gambar dibawah ini.

3- Berikan label ke setiap data di grafik

Saat Anda menampilkan data, maka pada umumya, pasti Anda akan merubah menjadi sebuah chart yang diberi warna dan bentuk. Maka agar chat Anda berfungsi dengan baik, maka Anda harus memberikan nilai.

Jadi berikan label pada chart Anda. Berikut contohnya.

Berikut contoh pemberian label yang salah:

Kenapa salah?. Karena kita tidak mengetahui, apa objek yang dibandingkan.

Baik, tadi pembahasan tentang 3 tips penting. Nantikan tulisan saya berikutnya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s