4 PRINSIP DASAR DESAIN

Mungkin banyak diantara kita, yang berfikir bahwa mendesain sesuatu itu rumit dan sulit. Namun tenyata menurut Robin William penulis buku The Non-Designer’s Design Book, jika kita mengikuti prinsip dasar dalam mendesain maka desain kita akan menjadi powerful dan keren.

Ok, apa saja prinsip tersebut?. Berikut 4 prinsip dasar dalam desain.

1- Kontras

Ide di balik kontras adalah untuk menghindari kemiripan elemen/komponen pada bidang yang akan kita desain. Elemen atau komponen ini bisa berupa Warna, Ukuran, dan juga bentuk. Buatlah sangat berbeda, misal warna font hitam background putih atau sebaliknya. Kontras sering kali menjadi daya tarik visual yang paling penting pada suatu desain. Dan karena itulah yang membuat audiens melihat desain Anda. Ini juga menjadi penjelas dalam komunikasi.

Kontras memiliki dua tujuan. Tujuan yang pertama adalah untuk menciptakan ketertarikan pada desain tersebut. Jika sebuah desain menarik untuk dilihat, maka desain tersebut lebih mungkin untuk dibaca. Tujuan yang lain adalah untuk membantu pengorganisasian informasi. Seorang audiens harus dapat langsung memahami cara informasi diatur, aliran logis dari satu item ke item lainnya. Elemen kontras tidak boleh membingungkan pembaca atau untuk menciptakan fokus yang tidak seharusnya menjadi fokus.

2- Pengulangan

Ulangi elemen visual desain di seluruh bagian. Anda dapat mengulangi warna, bentuk, tekstur, hubungan spasial, ketebalan garis, font, ukuran, konsep grafik, dll. Ini dapat memudahkan audiens memahami pesan dalam desain.

Tujuan pengulangan adalah untuk menyatukan dan menambah daya tarik visual.

3- Aligment/ Tata Letak

Setiap elemen harus memiliki hubungan visual dengan elemen lain dalam sebuah desain. Alignment adalah konsep penting dalam desain. Ini digunakan untuk membuat semua elemen pada halaman tampak menyatu, terhubung, dan saling terkait.

Alignment penting karena digunakan untuk menyatukan dan mengatur sebuah desain. Aligment yang kuat (dikombinasikan, tentu saja, dengan jenis huruf yang sesuai) dapat menciptakan tampilan yang canggih, tampilan formal, tampilan yang menyenangkan, atau tampilan yang serius.

4- Proximity/ Jarak

Hal-hal yang berkaitan satu sama lain harus dikelompokkan berdekatan. Ketika beberapa item berdekatan satu sama lain, mereka menjadi satu unit visual. Ini membantu mengatur informasi, mengurangi kekacauan, dan memberi audiens struktur yang jelas. Hal-hal yang berkaitan satu sama lain harus dikelompokkan bersama.

Jarak penting dalam desain karena digunakan untuk mengatur. Prinsip-prinsip lain juga ikut bermain, tetapi hanya dengan mengelompokkan elemen terkait menjadi lebih dekat secara otomatis. Jika informasi diatur, lebih mungkin untuk dibaca dan lebih mungkin untuk diingat. Jarak antar elemen yang telah diatur dengan baik dapat menciptakan white space yang lebih menarik.

Baik, itu tadi pembahasan tentang 4 prinsip dasar dalam desain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam hal desain. Anda pun bisa menambah skill tentang desain infografis dan presentasi bersama saya dan tim Kreasi Presentasi. Silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk penawaran pelaksanaan Workshop Infografis bersama kami.

Nantikan tulisan saya berikutnya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat. Salam Amazing.

AB

Reference

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s