KENAPA VISUALISASI DATA PENTING?

Salah satu alasan saya menuliskan artikel kali ini. Karena masih banyak yang bertanya kenapa kita harus memvisualkan data, dan masih banyak juga mungkin yang berpikir sama dengan saya di awal sebelum terjun ke dunia visualisasi data. Yakni apakah mungkin data digabungkan dengan seni hingga menjadi sebuah karya?.

Dan ternyata praktik visualisasi data itu sudah ada sejak dua abad yang lalu. Yups, dan di era saat ini visualisasi data dapat menjadi sebuah senjata yang ampuh. Ketika kita mempresentasikan data yang jumlahnya ribuan oh bahkan jutaan data.

Berikut, beberapa alasan kenapa visualisasi data penting?. Dan menjadi skill wajib untuk kita dibidang apapun.

  1. Mengurangi waktu dalam menemukan isi penting dari sebuah data
  2. Meningkatkan keakuratan dalam memahami data
  3. Meningkatkan keterlibatan kita sebagai audiens untuk dapat berinteraksi dengan data

Manfaat lain bisa kita lihat dari contoh tabel berikut ini. Karena menurut Ryan Sleeper Founder dari Playfair Data, memperkirakan bahwa 80 – 90% laporan perusahaan masih dalam format tabel. Dan tentu kita tahu bahwa spreadsheet atau tabel bukanlah visualisasi data. Tulisan ini pernah saya share, dan mungkin bisa mengingatkan kembali tentang tabel. DISINI.

Ryan mengatakan bahwa visualisasi data membantu menunjukkan keefektifannya dengan tabel berikut. Dengan melihat tabel dibawah ini Berapakah angka tertinggi di dalam tabel?

source: playfairdata

Dengan tabel tadi biasanya, kita membutuhkan waktu beberapa detik dengan setidaknya dua atau tiga jawaban salah sebelum menemukan jawaban yang benar. Jika dari dilihat dari tabel diatas selain kita mencari nilai yang tertinggi, kita coba mencari nilai yang terendah. Maka sangat sulit mencari nilai tertinggi maupun terendah hanya dari tabel tersebut. Kita coba dengan melihat tabel dibawah ini

source: playfairdata

Visualisasi data telah mengurangi waktu untuk mendapatkan informasi berguna dan meningkatkan akurasi kita. Dan tentu tabel kedua lebih menarik daripada tabel data mentah.

Selanjutnya, dengan alat seperti tableau, Anda dapat menambahkan logika yang langsung menjawab pertanyaan untuk mencari nilai tertinggi maupun terendah dalam waktu yang singkat. Beginilah tampilan saat mewarnai nilai tertinggi biru, dan angka terendah merah dan setiap sel abu-abu yang tersisa

source: playfairdata

Dari tabel yang sudah diberikan efek visualisasi data, membantu kita menemukan dan mengkomunikasikan wawasan dalam tabel menta tadi. Dengan efek visualisasi data sederhana tadi, kita dapat langsung menindaklanjuti, keputusan apa yang seharusnya dibuat.

Baik, itu tadi pembahasan tentang kenapa visualisasi data penting?. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam hal visualisasi data. Anda pun bisa menambah skill tentang visualisasi data bersama saya dan tim Kreasi Presentasi. Silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk penawaran pelaksanaan Workshop Visualisasi Data bersama kami.

Nantikan tulisan saya berikutnya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat. Salam Amazing.

AB

Reference

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s