CARA MEMVISUALKAN DATA KUALITATIF


Data dalam bentuk teks?. Pernahkah Anda mendapatkannya?. Jika iya, kira-kira bagaimana cara memvisualkan data tersebut?. Karena, seperti yang kita ketahui sebagian besar bentuk visualisasi data berfokus pada data yang berupa angka. Sedangkan sedikit, tentang bahasan visualisasi data kualitatif.

Tahukah Anda?. Visualisasi data kualitatif banyak digunakan untuk mengkomunikasikan data yang bukan angka. Data kualitatif umumnya berupa kata, kalimat ataupun paragraf. Intinya berupa teks. Kurang lebih berikut ini contoh data kualitatif, yang sering dijumpai.

Contoh Data Kualitatif
(source: Ann K. Emery )

Nah kali ini, mari kita lihat beberapa pilihan untuk visualisasi data kualitatif. Tips ini, saya dapatkan dari Ann K. Emery, seorang pembicara internasional tentang data dan founder dari depictdatastudio. Baik, langsung saja, berikut cara memvisualkan data kualitatif.

1- Word Clouds

Visualisasi data bentuk Word Cloud sangat baik untuk memvisualkan deskripsi dalam bentuk satu kata, namun tidak untuk memvisualkan semua data kualitatif. Kata atau frasa yang sering digunakan umumnya ditampilkan dalam font yang lebih besar dan tebal. Sedangkan kata atau frasa yang kurang sering digunakan dapat ditampilkan dalam font yang lebih kecil. Namun, Saat Anda menganalisa sebuah data, tidak cukup dengan melihat seberapa sering kata atau frasa muncul pada word clouds.

Lalu, dengan tools apa kita membuat word clouds?. Salah satu yang bisa Anda coba dengan menggunakan software Tableau.

kurang lebih seperti itulah gambaran word clouds di Tableau.

2- Gunakan Ikon pada deskripsi

Ikon adalaha gambaran atau simbol dari sebuah deskripsi. Ikon dapat merepresentasikan bagian teks yang panjang. Ikondapat memudahkan kita memahami deskripsi yang panjang. Biasanya ikon digunakan untuk sebuah infografis, desain dashboard, aplikasi dan sebagainya.

Gambar di atas merupakan contoh penggunaan ikon untuk infografis. Anda pun bisa mempelajari infografis lebih lanjut bersama tim Kreasi Presentasi.

3- penggunaan Diagram untuk Menjelaskan Konsep dan Proses Kompleks

Gambar di atas merupakan salah satu diagram yang menjelasakan urutan atau sebuah proses. Anda dapat membuat diagram untuk banyak aspek. Jika data berisikan teks yang panjang, Anda bisa mencoba cara di atas. Guru saya, Pakar Slide Indonesia, Pak Dhony Firmansyah sudah banyak membahas dalam berbagai workshopnya tentang penggunaan diagram untuk menjelaskan sebuah konsep, paragraf ataupun Artikel.

4- Frasa/Teks dengan Kode Warna

Cara lainnya untuk memvisualkan data kualitatif adalah dengan menyoroti teks yang penting. Anda bisa memberi efek bold dan warna pada teks tersebut. Namun, ketika Anda memberi sebuah warna pada teks. Pastikan Anda tidak hanya memberi warna pada font itu sendiri. Karena, sulit bagi mata kita untuk membaca misal huruf hijau, tetapi cukup mudah bagi mata kita untuk membaca huruf hitam dengan bayangan latar belakang hijau muda.

Nah, itulah tadi pembahasan tentang cara memvisualkan data kualitatif. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam hal visualisasi data. Anda pun bisa menambah skill tentang visualisasi data bersama saya dan tim Kreasi Presentasi. Silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 / Mba Ayu di 0812 3271 6030 untuk penawaran pelaksanaan Workshop Pelatihan Tableau bersama kami.

Nantikan tulisan saya berikutnya. Feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat. Salam Amazing.

AB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s