4 TOOLS UNTUK DESAIN DASHBOARD

Sudah banyak kita ketahui tools visualisasi data seperti tableau, power bi & google data studio mampu menyajikan data kedalam tampilan visual yang mudah dan simpel. Selain mampu menyajikan data kedalam bentuk grafik. Alat visualisasi data tersebut mampu menggabungkan beberapa tampilan chart ke dalam satu tampilan yakni dashboard.

Namun, dashboard yang dihasilkan terkesan biasa saja. Karena alat visualisasi data memang tidak dirancang untuk desain. Maka, kita butuh tools untuk menunjang dashboard visualisasi data agar lebih enak dilihat

Apa saja sih tools yang bisa digunakan untuk mendesain sebuah dashboard visualisasi data?

Berikut saya rangkum tools yang dapat menunjang desain dashboard.

01- Figma

memudahkan kamu membuat desain tampilan dashboard dengan cepat. Figma ini adalah platform yang berbasis web, jadi bisa dijalankan dengan web browser yang kamu punya seperti: Google chrome, Mozilla Firefox, Opera atau Safari. Tidak perlu repot menginstalnya.

Karena figma berbasis web, maka figma ini bisa dijalankan disemua sistem operasi baik itu Windows, MacOS atau Linux.

02. Adobe XD

Tools ini dibuat oleh perusahaan Adobe dan berada pada koleksi Adobe Creative Cloud.

Berbeda dengan koleksi Adobe lainnya, Adobe XD ini adalah aplikasi yang khusus dibuat untuk para desainer yang berfokus merancang antaramuka aplikasi atau web yang disebut dengan UI/UX Designer.

Adobe XD ini juga salah satu tools yang cocok digunakan untuk membantu kamu dalam mendesain sebuah dashboard. Selain mudah digunakan,  fiturnya juga dapat menunjang kebutuhan desain dashboard.

03. Adobe Illustrator

Selain untuk membuat desain ilustrasi, ternyata Adobe Illustrator ini bisa juga loh digunakan untuk merancang antarmuka dari dashboard.

Sebenarnya adobe illustrator itu banyak digunakan oleh para desainer ilustrasi, namun tidak ada salahnya mencobanya untuk membuat desain dashboard.

04. Powerpoint

Tunggu, tunggu, Powerpoint? Ga salah denger nih. Yups. Tenang, powerpoint sekarang ga hanya digunakan untuk presentasi aja. Aplikasi yang satu ini, ternyata bisa juga untuk mendesain poster, infografis, bahkan menggambar sebuah illustrasi.

Dari kemampuannya itu jugalah, beberapa Tableau Zen Master yang saya ketahui, juga menggunakan powerpoint sebagai alat untuk mendesain tampilan sebuah dashboard.

Jadi, bisa nih powerpoint sebagai opsi, bagi yang ga terlalu familiar dengan 3 tools sebelumnya.

Nah, itulah tadi beberapa tools yang dapat menunjang desain dashboard visualisasi data. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam hal visualisasi data. Anda pun bisa menambah skill tentang visualisasi data bersama saya dan tim Kreasi Presentasi. Silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 / Mba Ayu di 0812 3271 6030 untuk penawaran pelaksanaan Workshop Pelatihan Tableau bersama kami.

Nantikan tulisan saya berikutnya. Feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat. Salam Amazing.

AB

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s