4 SITUS WEB INDONESIA PENYEDIA DATA

Data adalah kumpulan dari fakta-fakta untuk memberikan gambaran terkait keadaan. Seseorang yang akan mengambil sebuah kebijakan atau keputusan umumnya akan menggunakan data sebagai bahan pertimbangan. Melalui data juga seseorang dapat menganalisis, menggambarkan, atau menjelaskan suatu keadaan.

Nah, apakah rekan-rekan sedang mencari situs database sebuah data yang terbuka untuk umum dan bisa dipertanggungjawabkan? Di artikel kali ini kita akan membahas terkait 4 Situs Web Indonesia Penyedia Data. Website berikut bisa rekan-rekan gunakan untuk memperoleh data kependudukan, ekonomi dan masih banyak data lainnya.

Data yang didapatkan pun bisa kita olah untuk simulasi di software visualisasi data semisal tableau, power bi dan software-software yang lain. Ok, kita langsung cek bersama nih, web-web Indonesia yang menyediakan data.

1- Badan Pusat Statistik

Situs web BPS menjadi sebuah situs rujukan utama untuk memperoleh data. BPS memang merupakan lembaga yang diberi kewenangan resmi untuk menyediakan kebutuhan yang berkaitan dengan data-data, misal sensus penduduk.

Banyak sekali data yang bisa didapatkan di BPS ini. Berikut beberapa kategori data yang tersedia di BPS. Ada kategori Sosial & Kependudukan (Gender, Geografi Iklim, dll); kategori Ekonomi & Perdagangan (Ekspor-Impor, Energi, Harga Eceran dll); kategori Pertanian & Pertambangan (Hortikultura, Kehutanan, Perikanan, dll).

Jadi tepat sekali, jika ingin mendapatkan data resmi dan banyak namun bersifat publik untuk uji coba ke software visualisasi data.

Dashboard 1

2- Databoks Katadata

Merupakan portal penyedia data statistik ekonomi dan bisnis yang merupakan bagian dari katadata. Seperti kita ketahui katadata sendiri adalah perusahaan riset dan media online yang berdiri sejak 2012 silam.

Databoks sendiri memiliki data yang update setiap harinya. Mempunyai banyak kategori data yang bisa didownload, seperti demografi, keuangan, energi, perdagangan, properti pasar dll. Untuk mendapatkan data dari situs ini, rekan-rekan bisa mendaftar terlebih dahulu.

Banyak sekali kan data dari situs databoks ini. Data-data di situs ini memang tepat untuk dibuat sebuah tampilan infografis.

Dashboard 1

3- Jakarta Open Data

Situs ini merupakan portal data terpadu yang menyajikan berbagai macam data dari seluruh satuan & unit kerja di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Lahir sebagai cita-cita Pemprov DKI untuk menyediakan satu basis data pembangunan yang akurat, terbuka, terpusat dan terintegrasi.

Pemprov DKI memiliki harapan agar publik/masyarakat dapat memanfaatkan data yang telah tersedia serta menciptakan inovasi dan peran serta dalam membangun kota Jakarta dan negara Indonesia lebih baik lagi.

Jakarta open data menyediakan sejumlah data dalam kategori kesehatan, bisnis, statistik, ekspor-impor, dll. Data-data yang ada dalam situs ini pun tersedia dalam format .json & .csv. Jika rekan-rekan ingin mendownload data, bisa langsung diunduh tanpa registrasi, namun alangkah baiknya ketika memakai data dari sini, jangan lupa untuk dicantumkan sebagai referensi ya.

4- Jabar Open Data

Situs resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ini memiliki ketersediaan lebih dari 1.000 dataset yang terintegrasi. Jabar Open data memiliki tujuan untuk meningkatkan transparansi sekaligus pertanggungjawaban kepada Warga Jawa Barat khususnya.

Jabar Open Data bisa nih diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Di situs ini data yang kita download berupa file excel, CSV & API. Selain data, kita juga dapat melihat tampilan visualisasi data dan infografis yang bisa didownload dalam format gambar yakni jpg dan format pdf.

Nah, itulah tadi beberapa website di indonesia yang menyediakan data resmi dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kawan semua dalam hal data.

Oh iya, ada kabar gembira nih. Bagi rekan-rekan yang ingin menambah skill tentang analisa & visualisasi data, saya dan tim Kreasi Presentasi akan mengadakan Workshop Visualisasi Data dengan Tableau pada 04 September 2021. Yuk meet up bareng sambil bahas data. Link

Info lebih lanjut: Mba Ayu di 0812 3271 6030

Ok. Nantikan tulisan saya berikutnya. Feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat. Salam Amazing.

AB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s