Blog

Angka Aja Ga Cukup Looh EPS.01

Pada dasarnya setiap orang akan berhubungan dengan data. Mulai data yang kita anggap remeh sampai data-data penting tempat kita bekerja. Tentu, kita perlu tahu bagaimana cara mudah memahami data dan mendapatkan insight-nya. Kali ini saya akan ajak Anda untuk mereview tentang salah satu bab di Buku The Big Picture: How to Use Data Visualization to Make Better Decisions—Faster, karya Steve Wexler.

Continue reading “Angka Aja Ga Cukup Looh EPS.01”
Advertisement

PILIH MANA, SHARP CORNERS ATAU ROUNDED CORNERS?

Hai kawan, bagaimana nih kabarnya?. Semoga kita semua selalu sehat ya. Kali ini kita akan coba membahas seputar sudut yang tajam maupun sudut yang membulat. Kenapa perlu dibahas? Tentunya bagi yang sering berurusan dengan visualisasi data hal ini sangatlah penting saat Anda mendesain dashboard.

Bahkan kalau kita lihat tren tampilan aplikasi di ponsel ataupun dalam dunia web setiap kotaknya memiliki ujung yang lebih membulat atau biasa disebut rounded corners.

Jadi mengapa ada daya tarik tersendiri yang luar biasa pada Rounded Corners? Yuk, kita bahas lebih detail.

Continue reading “PILIH MANA, SHARP CORNERS ATAU ROUNDED CORNERS?”

KENAPA PILIH TRAINING TABLEAU DENGAN KREASI PRESENTASI?

Gambar berikut tidak memiliki atribut alt; nama berkasnya adalah 51484004997_184a9a7e84_o.jpg

Beberapa pekan ini saya dan tim Kreasi Presentasi banyak sekali undangan untuk membantu instansi-instansi dalam memecahkan masalah terkait dengan data. Cara kami membantu para peserta dari sebuah instansi adalah dengan memberikan sebuah pelatihan software analisa data. Salah satu software analisa & visualisasi data adalah tableau.

Continue reading “KENAPA PILIH TRAINING TABLEAU DENGAN KREASI PRESENTASI?”

4 SITUS WEB INDONESIA PENYEDIA DATA

Data adalah kumpulan dari fakta-fakta untuk memberikan gambaran terkait keadaan. Seseorang yang akan mengambil sebuah kebijakan atau keputusan umumnya akan menggunakan data sebagai bahan pertimbangan. Melalui data juga seseorang dapat menganalisis, menggambarkan, atau menjelaskan suatu keadaan.

Nah, apakah rekan-rekan sedang mencari situs database sebuah data yang terbuka untuk umum dan bisa dipertanggungjawabkan? Di artikel kali ini kita akan membahas terkait 4 Situs Web Indonesia Penyedia Data. Website berikut bisa rekan-rekan gunakan untuk memperoleh data kependudukan, ekonomi dan masih banyak data lainnya.

Continue reading “4 SITUS WEB INDONESIA PENYEDIA DATA”

4 TOOLS UNTUK DESAIN DASHBOARD

Sudah banyak kita ketahui tools visualisasi data seperti tableau, power bi & google data studio mampu menyajikan data kedalam tampilan visual yang mudah dan simpel. Selain mampu menyajikan data kedalam bentuk grafik. Alat visualisasi data tersebut mampu menggabungkan beberapa tampilan chart ke dalam satu tampilan yakni dashboard.

Namun, dashboard yang dihasilkan terkesan biasa saja. Karena alat visualisasi data memang tidak dirancang untuk desain. Maka, kita butuh tools untuk menunjang dashboard visualisasi data agar lebih enak dilihat

Apa saja sih tools yang bisa digunakan untuk mendesain sebuah dashboard visualisasi data?

Berikut saya rangkum tools yang dapat menunjang desain dashboard.

Continue reading “4 TOOLS UNTUK DESAIN DASHBOARD”

CARA MEMVISUALKAN DATA KUALITATIF


Data dalam bentuk teks?. Pernahkah Anda mendapatkannya?. Jika iya, kira-kira bagaimana cara memvisualkan data tersebut?. Karena, seperti yang kita ketahui sebagian besar bentuk visualisasi data berfokus pada data yang berupa angka. Sedangkan sedikit, tentang bahasan visualisasi data kualitatif.

Continue reading “CARA MEMVISUALKAN DATA KUALITATIF”

WARNA DALAM VISUALISASI DATA

Dalam software visualisasi data. Atau software business intelligence (BI). Pasti terdapat menu untuk menambahkan warna. Dalam visualisasi data, warna tidak sekedar menambah keindahan grafik. Namun, digunakan untuk menambah informasi dari data.

Continue reading “WARNA DALAM VISUALISASI DATA”

DESAIN DASBOR VISUALISASI DATA

Dashboard 1
Klik gambar untuk mencoba

Saat saya mengisi training visualisasi data. Maka hasil akhir para peserta berupa dasbor. Data kuantitatif lebih mudah dilihat dalam bentuk grafik. Namun, jika grafik tidak disatukan dalam sebuah tampilan. Akan susah keterbacaannya. Gambar diatas merupakan contoh desain dasbor yang saya buat. Anda bisa coba mengkliknya.

Continue reading “DESAIN DASBOR VISUALISASI DATA”

KESERUAN WEBINAR DATAVIZ

Kemarin, 08 Mei 2021. Kreasi Presentasi bersama saya mengadakan sebuah webinar. Kali ini, kita membahas tentang visualisasi data. Kurang lebih ada empat puluhan orang bergabung. Mulai dari mahasiswa, peneliti, dosen, karyawan dan pengusaha. Kegiatan dimulai dari jam sembilan hingga sepuluh pagi. Webinar ini, membuat audiens tak berkedip. Awesome Session, kata seorang peserta yang kirim pesan ke saya via whatsapp. Ada lagi yang mengatakan, terimakasih insight dan sharing-nya mas, ditunggu kelas berikutnya. Begitulah beberapa tutur kata dari peserta yang saya dapatkan.

Continue reading “KESERUAN WEBINAR DATAVIZ”

PLUS MINUS CHART SEDERHANA

Saat ini, kita hidup di zaman ketika grafik mampu menarik komentar dari audiens. Saat Anda memilih jenis grafik, maka sesuaikan dengan tujuan yang akan disampaikan. Banyak yang berkata kepada saya, Kenapa grafik yang dibuat selalu sederhana?. Kok tidak menggunakan yang lebih variatif.

Continue reading “PLUS MINUS CHART SEDERHANA”