MENJADIKAN DATA SIAP DIGUNAKAN DI TABLEAU

Apakah Anda termasuk pengguna baru di Tableau?. Ketika pertama kali memindahkan data dari excel ke tableau apa yang terjadi?. Jika Data masih banyak kolom null, atau bahkan tidak bisa diolah di tableau bisa dipastikan, Data Anda belum diformat dengan baik.

Masalah Tableau yang paling umum ditemui dan yang paling sulit adalah menghubungkan data dari excel ke tableau

Pengguna tableau yang pertama kali menggunakan, umumnya langsung menyambungkan laporan Excel yang ada, tanpa mempertimbangkan format datanya terlebih dahulu.

Ini terjadi karena sebagian besar laporan Excel yang sudah ada tidak disiapkan untuk bekerja dengan baik pada Tableau.

Jika pengguna tidak mengatur format sumber datanya terlebih dahulu, maka data tersebut akan gagal diolah secara tepat oleh tableau.

Tapi jangan khawatir. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana menjadikan data siap digunkan di Tableau. Berikut pembahasannya.

Membentuk Data untuk siap digunakan dengan Tableau

Topik ini paling mudah diilustrasikan, jadi lihat gambar dibawah ini. Berikut merupakan laporan umum di Excel:

Ada judul di bagian atas, tajuk kolom untuk setiap kuartal, dan baris untuk setiap indeks (Sales, Profit, dan Orders). Selain itu, ada total untuk setiap baris di sisi kanan tabel.

Format laporan ini menimbulkan beberapa masalah bagi Tableau yang, setelah tersambung, akan mencoba menafsirkan sumber data, mengklasifikasikan bidang, dan menyiapkan ruang kerja Anda:

  • Ada judul di baris pertama. Dua baris pertama sangat penting bagi Tableau untuk menafsirkan sumber data, jadi kita segera mengambil langkah yang salah.
  • Tajuk kolom adalah kuartal, yang akan menyebabkan Tableau membuat bidang untuk setiap kuartal, padahal sebenarnya semua kuartal harus digabungkan menjadi satu bidang untuk tanggal / kuartal.
  • Indeks (Sales, Profit, dan Orders) berjalan di kolom pertama jadi, secara default, Tableau tidak akan menafsirkan Indeks (Sales, Profit, dan Orders) ini sebagai sebuah bidang yang terpisah.
  • Ada total di kolom kanan. Tableau sudah dapat menjumlahkan bidang untuk Anda, Jadi kolom total tidak diperlukan. Jika tetap ada maka kemungkinan besar akan menyebabkan penghitungan ganda.

Format ideal untuk Tableau yang benar terlihat seperti ini:

Setiap kolom sekarang mewakili bidang masing-masing, jadi tata letaknya vertikal, bukan horizontal. Judul dan total juga telah dihapus.

Dengan data dalam bentuk ini, Tableau akan dapat melihat baris pertama untuk menentukan bidang dan baris kedua untuk mengklasifikasikan data (yaitu, jenis; diskrit versus kontinu; dimension versus measure). Kita akan membahas cara Tableau mengklasifikasikan data dalam beberapa bab berikutnya.

Sebagai salah satu tip tambahan, jika kumpulan data Anda menyertakan bidang tanggal yang bukan dalam format tanggal tradisional (seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini), sangat disarankan menambahkan kolom yang terlihat seperti tanggal sebenarnya. Pada kasus diatas telah ditambahkan kolom untuk kuartal sebagai tanggal, dan memilih tanggal pertama di setiap kuartal sebagai entri:

Tanggal adalah tipe data khusus di Tableau dan dengan memiliki tanggal dalam format tanggal yang dikenali perangkat tableau, fungsionalitas penuh bidang tanggal tidak terkunci.


Nah itu tadi pembahasan terkait menjadikan data siap digunakan di Tableau . Nantikan tulisan saya berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

2 thoughts on “MENJADIKAN DATA SIAP DIGUNAKAN DI TABLEAU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s