7 TIPS PEMBUATAN DASHBOARD TABLEAU

“‘Data! Data! Data!’ he cried impatiently. ‘I can’t make bricks without clay.’”

Sir Arthur Conan Doyle, “The Adventure of the Copper Beeches

Dalam membuat dasbor yang dapat mengkomunikasikan data dengan baik umunya tidak dapat terjadi begitu saja. Kita perlu mendapatkan referensi pemikiran kreatif dan contoh yang bisa kita rujuk.

Dalam membangun sebuah dasbor data, menurut Ben Jones, Founder Data Literacy dan Salah satu kontributor di Tableau. Pengerjaan pembuatan dasbor perlu adanya pengerjaan ulang dan selalu butuh penyempurnaan. Dengan demikian penting untuk kita tahu cara yang tepat dalam pembuatan dasbor di tableau.

Nah kali ini saya coba share apa saja 7 tips pembuatan dashboard tableau berdasarkan buku Communicating Data with Tableau. Ok. Berikut tipsnnya:

1- Design

Dalam mendesain dasbor, Anda perlu membuat beberapa sketsa awal. Sketsa ini untuk menentukan tata letak data dalam dasbor yang akan ditampilkan. Dan dari sketsa ini kita lebih mudah untuk menghasilkan versi final kepada audiens kita

2- Sheets

Setiap visualisasi atau chart harus dalam individua sheet dan kemudian tambahkan ke dasbor Anda. Dan jika diperlukan tambahkan filter, parameter dan legenda sesuai dengan tata letak dan ukuran dasbor yang Anda pilih

3- Annotations

Tambahkan Judul Dashboard, paragraf singkat penjelas, tooltips setiap chartnya, Label, catatan, instruksi penggunaan dasbor, sumber referensi data dan informasi lainnya untuk menjelaskan kepada audiens Anda cara berinteraksi dengan dasbor. Ini diharapakan agar audiens mudah dalam memahami data

4- Objects

Berikan tambahan gambar, layout container, blank space dan halaman web sesuai kebutuhan. Ini digunakan untuk memberikan konteks tambahan pada visualisasi data kita. Tentu jika obyek yang kita tambahkan sesuai dengan data kita

5- Actions

Konfigurasikan interaktivitas dasbor menggunakan tindakan untuk memfilter, menyorot, dan membuat hyperlink berbagai Spreadsheet. Cara ini dapat membantu audiens Anda menjelajahi dan menjawab pertanyaan pada Dasbor Anda.

6- Formatting

Konfigurasi kembali font, warna, border, grid line, dan shading untuk menghilangkan gangguan dan meningkatkan daya tarik visual pada dasbor Anda.

7- Delivery & Results

Bagikan dasbor Anda kepada audiens melalui media yang Anda pilih. Kemudian cari tahu apakah pesan dalam Data Anda diterima oleh Audiens. Apakah Audiens mudah memahami dasbor Anda. Dan perlu kita cek kembali apakah dasbor efektif untuk mencapai tujuan Anda.

Nah, itulah 7 tips pembuatan dashboard tableau. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam hal pembuatan dashboard tableau. Anda pun bisa menambah skill tentang tableau bersama saya dan tim Kreasi Presentasi. Silakan menghubungi Bu Isti di 0812 3271 6030 untuk penawaran pelaksanaan Workshop Pelatihan Tableau bersama kami.

Nantikan tulisan saya berikutnya. Feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat. Salam Amazing.

AB

Referensi

One thought on “7 TIPS PEMBUATAN DASHBOARD TABLEAU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s