PLUS MINUS CHART SEDERHANA

Saat ini, kita hidup di zaman ketika grafik mampu menarik komentar dari audiens. Saat Anda memilih jenis grafik, maka sesuaikan dengan tujuan yang akan disampaikan. Banyak yang berkata kepada saya, Kenapa grafik yang dibuat selalu sederhana?. Kok tidak menggunakan yang lebih variatif.

Jika ada pertanyaaan semacam itu, maka berikut ini kalimat dari Scott Berinato dalam bukunya yang berjudul “Good Chart Workbook”. Beliau mengungkapkan, bahwa “Jika chart itu dengan jelas mampu menyampaikan ide yang Anda ingin audiens pahami, gunakan itu”.

Artikel kali ini saya tulis untuk menjawab, apa saja plus minus chart sederhana?. Berikut pembahasannya.

1- Bar Chart

Tinggi atau panjang batang menunjukkan hubungan antar kategori (“data kategorikal”). Sering digunakan untuk membandingkan, misal perbedaan koneksi internet di dunia. (Juga disebut Column Chart saat batang vertikal.)

Kelebihan

  • Bentuk familiar yang dipahami secara universal; bagus untuk perbandingan sederhana antar kategori

Kekurangan

  • Banyak batang dapat menciptakan kesan garis tren daripada menyoroti nilai-nilai yang berbeda; beberapa kelompok batang mungkin menjadi sulit untuk diurai

2- Line chart

Titik-titik yang terhubung menunjukkan bagaimana nilai berubah, biasanya seiring waktu (data berkelanjutan). Sering digunakan untuk membandingkan tren, misal kenaikan harga emas. (Juga disebut trend line.)

Kelebihan

  • Bentuk familiar yang dipahami secara universal; bagus untuk representasi tren secara sekilas

Kekurangan

  • Berfokus pada garis tren mempersulit untuk melihat dan berbicara tentang titik data yang terpisah; terlalu banyak garis tren menyulitkan untuk melihat garis individu mana pun.

3- Pie Chart

Sebuah lingkaran dibagi menjadi beberapa bagian yang masing-masing mewakili proporsi beberapa variabel dari keseluruhan nilai. Sering digunakan untuk menunjukkan pengelompokan sederhana dari total, seperti demografi populasi.

Kelebihan

  • Jenis chart yang ada di mana-mana; mampu menunjukkan bagian dominan versus non-dominan dengan baik.

Kekurangan

  • Kadang kita tidak memperkirakan luas irisan pai dengan baik. Lebih dari beberapa irisan membuat nilai sulit dibedakan dan diukur.

4- Geographical Chart

Peta digunakan untuk merepresentasikan nilai yang dikaitkan dengan lokasi tertentu. Sering digunakan untuk membandingkan nilai antar negara atau wilayah, seperti peta yang menunjukkan angka kematian ibu di asia tenggara.

Kelebihan

  • Keakraban dengan geografi, memudahkan untuk menemukan nilai dan membandingkannya di berbagai tingkatan (yaitu, membandingkan data menurut negara dan wilayah secara bersamaan)

Kekurangan

  • Menggunakan ukuran tempat untuk mewakili nilai dapat merepresentasikan atau kurang merepresentasikan nilai di tempat tersebut

Nah, itulah tadi apa saja plus minus chart sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam memahami visualisasi data yang tepat. Anda pun bisa menambah skill tentang visualisasi data bersama saya dan tim Kreasi Presentasi. Silakan menghubungi Bu Isti di 0812 3271 6030 / Mba Ayu di 0812 3271 6030 untuk penawaran pelaksanaan Workshop Pelatihan Tableau bersama kami.

Nantikan tulisan saya berikutnya. Feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat. Salam Amazing.

AB

Referensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s