DIMENSIONS DAN MEASURE (TABLEAU)

Saat Anda menyambungkan sumber data baru ke Tableau. Maka tableau akan menetapkan setiap bidang di sumber data sebagai dimension atau measure di panel Data, bergantung pada jenis data. Anda dapat menggunakan bidang ini untuk membangun tampilan visualisasi data yang dapat Anda kreasikan.

Nah, pada Artikel kali ini, kita akan coba memberikan penjelasan singkat tentang istilah dimensions dan measure (Tableau)

MENGENAL istilah DIMENSION

Berdasarkan istilah di Tableau, dimensi adalah bidang yang dapat dianggap sebagai variabel independen. Secara default, Tableau memperlakukan bidang apa pun yang berisi informasi kualitatif dan kategorikal sebagai dimension.

Berikut adalah ukuran Penjualan, yang dikelompokkan berdasarkan dimensi Wilayah:

Saat penjualan, dikelompokkan berdasarkan wilayah, kita dapat mulai mendapatkan wawasan dari data tersebut. Salah satu wawasan yang muncul adalah wilayah Selatan memiliki penjualan yang relatif rendah dibandingkan wilayah lainnya. Ini adalah wawasan deskriptif yang terwujud hanya ketika kita menggabungkan measure dan dimension bersama.

MENGENAL istilah measure

Sedangkan berdasarkan istilah pada Tableau, ukuran adalah bidang yang merupakan variabel dependen; artinya, nilainya adalah fungsi dari satu atau lebih dimension. Tableau memperlakukan bidang apa pun yang berisi informasi numerik (kuantitatif) sebagai measure. Pertimbangkan diagram batang berikut, yang dibuat di Tableau dengan ukuran Penjualan dari dataset Sample – Superstore:

Penjualan bersifat kuantitatif, jadi secara default, Tableau akan menebak bahwa bidang tersebut adalah ukuran. Ini dapat dianggap sebagai variabel dependen, karena ukuran dengan sendirinya tidak memberikan banyak nilai. Nilai $ 2.297.201 tidak ada artinya dengan sendirinya. Itu tergantung pada konteks yang datang dalam bentuk yang dipecah oleh dimension.

Jadi

Secara umum, measure berupa angka; dan dimension adalah apa yang Anda coba kategorikan pada angka tersebut.

Tidak perlu khawatir, jika Anda salah mengklasifikasikan setiap bidang misalnya. Setiap bidang yang salah diklasifikasikan dapat dengan mudah diklasifikasikan ulang dengan mengklik kanan bidang dari dalam area Dimension atau Measure pada panel Data dan memilih “Ubah ke dimension” atau “Ubah ke measure” yang sesuai. Hal yang sama dapat dicapai dengan menyeret dan melepaskan bidang ke dalam area Dimension atau Measure pada panel Data.

Pemahaman dasar tentang bagaimana cara dimension dan measure bekerja di Tableau, dikombinasikan dengan belajar dasar-dasar tableau yang saya tuliskan diblog saya, diharapkan akan mempermudah pembuatan visualisasi data Anda.

Nah itu tadi pembahasan terkait istilah dimensions dan measure (Tableau). Untuk penjelasan lebih lanjut tentang Discrete dan Continuous, nantikan tulisan saya berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB

Reference

One thought on “DIMENSIONS DAN MEASURE (TABLEAU)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s